Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


14 Arti Warna dan Filosofinya (Anda Wajib Tahu)

3 min read

Arti Warna dan Filosofinya
Arti Warna dan Filosofinya | ©Unsplash.com

Dunia ini penuh dengan ragam warna yang memiliki maknanya masing-masing. Arti warna berkaitan dengan psikologi sehingga pemilihan warna pada objek tertentu menjadi sangat penting.

Salah pilih warna bisa menyebabkan kekacauan. Sebaliknya, makna warna yang tepat akan mendatangkan benefit yang besar.

Artikel kali ini akan membahas tentang filosofi warna, terutama warna-warna yang banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

14 Arti Warna dan Filosofinya

Silakan disimak ya!

1. Merah

Arti warna merah berkaitan dengan keberanian, kemarahan dan api. Objek-objek berwarna merah biasanya memiliki karakter yang dominan. Pada beberapa situasi, warna merah dapat meningkatkan tekanan atau bersifat mengintimidasi.

Pada situasi yang lain, arti warna merah juga berkaitan dengan besarnya energi dan emosional. Manusia pecinta warna merah kebanyakan memiliki sifat pemberani, suka melakukan banyak hal (energik), dan mudah marah (emosional).

BacaIngin Membuat Logo Keren? Perhatikan 10 Hal Ini!

2. Hijau

Hijau merupakan warna alam yang identik dengan kehidupan. Hijau adalah warna yang berasal dari dedaunan dan hutan-hutan. Filosofi warna hijau adalah kedamaian. Warna ini kerap digunakan untuk membuat desain yang bertujuan menunjukkan harmoni atau kenyamanan.

Makna warna hijau yang lain adalah kesuburan dan kemakmuran. Oleh karena itu, warna ini cocok dipakai untuk produk-produk yang berkaitan dengan kehidupan.

Tempat-tempat yang didominasi warna hijau akan memberikan aura ketenangan. Jadi, warna ini juga dipakai oleh psikolog untuk memberikan terapi pada orang-orang dengan tingkat emosi tinggi.
Dalam psikologi warna, hijau merupakan warna kemanusiaan dan kehidupan.

3. Kuning

Arti warna kuning adalah ceria dan bahagia. Para pecinta warna kuning biasanya memiliki karakter riang gembira, percaya diri, ekstrovert, dan memiliki hari-hari yang penuh dengan gairah.

Kuning adalah salah satu warna dasar yang melambangkan kekuatan energi selain merah. Bila merah melambangkan energi kemarahan, maka kuning memberikan energi optimistis.

Kuning biasanya dipakai untuk produk atau objek yang membawa nuansa menyenangkan seperti produk makanan, minuman, dan beberapa fashion anak.

4. Biru

Warna biru memiliki rentang yang cukup banyak, mulai dari biru muda hingga biru tua. Pada umumnya, arti warna biru adalah rasa percaya diri, kecerdasan, dan stabilitas.

Warna biru banyak dipakai untuk hal-hal yang bersifat umum atau bertujuan dapat diterima orang secara luas tanpa menimbulkan emosi.

Salah watu warna dasar ini juga berkaitan dengan ketenangan. Inilah alasan para psikolog menjadikan warna biru sebagai salah satu bentuk terapi pada orang-orang yang ingin melukai diri sendiri.

5. Putih

Arti warna putih adalah kesucian, kemurnian, kejujuran, dan kebersihan. Warna putih digunakan sebagai lambang orang-orang kesehatan yang tujuannya memberikan pemahaman bahwa mereka adalah orang-orang berhati tulus dan selalu menjaga kebersihan dalam menjalankan tugasnya.

Warna putih juga banyak dipakai untuk upacara-upacara keagaamaan, bisa pada saat kematian, perayaan atau peribadatan. Pada agama islam, warna putih digunakan sebagai warna pakaian sholat dan pakaian haji. Orang-orang hindu juga mengenakan warna putih untuk upacara kematian.

Filosofi warna putih erat kaitannya dengan cahaya terang. Ruangan bercat putih akan lebih terang dibanding ruangan bercat warna lain seperti merah, biru, atau abu-abu. Orang-orang penyuka warna putih biasanya memiliki sifat kurang kreatif namun suka melakukan pekerjaan berulang-ulang.

6. Hitam

Makna warna hitam adalah kegelapan. Warna ini memiliki karakter sangat kuat dan terkesan mengintimidasi bila disematkan pada sebuah objek. Produk-produk yang berkaitan dengan maskulinitas, kekerasan, dan misterius biasanya menggunakan warna hitam sebagai warna utamanya.

Arti warna hitam juga dikaitkan dengan kedukaan. Itulah mengapa banyak orang mengenakan pakaian hitam pada upacara kematian.

Dalam psikologi warna, hitam punya banyak makna mulai dari ketangguhan, maskulinitas, kekuatan dan kegelapan.

7. Cokelat

Cokelat merupakan warna kayu yang punya makna natural dan netralis. Warna coklat juga dekat dengan alam seperti warna hijau. Makna warna cokelat ini berkaitan dengan kesederhaan, kecanduan, dan kesabaran.

Psikologi warna cokelat adalah membuat seseorang memiliki perasaan sedih, terisolasi, dan kesepian. Namun, untuk warna cokelat yang luas dimaknai sebagai sesuatu yang hampa dan kosong.

8. Abu-abu

Warna abu-abu punya makna keragu-raguan. Warna ini berada diantara putih dan hitam dan biasanya dipakai untuk menggantikan warna hitam. Abu-abu menunjukkan perasaan murung dan sedih.

9.Ungu

Arti warna ungu adalah kenyamanan dan persahabatan. Pada beberapa negara, misalnya Thailand, warna ungu melambangkan para janda. Namun, tidak semua budaya menerapkan hal yang demikian.
Psikologi warna ungu menunjukkan kestabilan pada diri seseorang.

Penyuka warna ungu biasanya tidak terlalu suka dengan keramaian, namun juga bukan orang yang mudah mendendam. Ungu melambangkan seseorang yang ramah namun tidak banyak bertingkah.
Selain kestabilan, warna ungu juga menunjukkan gairah spiritual manusia.

10. Orange

Orange merupakan campuran dari warna merah dan kuning. Orange biasanya digunakan untuk hal-hal yang bersifat ceria, bahagia, dan punya kekuatan. Orang-orang penyuka warna orange bisanya memiliki sifat ekstrovert.

11. Emas

Arti warna emas yang paling utama adalah kekayaan dan kejayaan. Warna ini identik dengan kemewahan sehingga bila digunakan untuk mewarnai sebuah benda akan terkesan memiliki nilai ekonomi lebih tinggi.

Psikologi warna emas identik dengan kesombongan. Bila digunakan untuk produk fashion, warna ini akan membuatnya terkesan glamor dan eksklusif.

12. Pink

Makna warna pink adalah manja. Warna ini identik dengan usia muda, wanita, dan keceriaan. Filosofi warna pink sangat identik dengan karakter perempuan muda yang cantik dan ceria.

Warna pink biasanya digunakan untuk produk-produk fasion wanita. Sayangnya, warna pink ini terkesan pasaran sehingga biasanya tidak dipakai untuk produk berkelas.

Psikologi warna pink menunjukkan karakter yang kurang stabil, plin plan dan suka bermain-main. Warna ini kerap dipakai untuk mengecat tembok-tembok di taman bermain atau sekolah taman kanak-kanak.

13. Tosca

Arti warna toska adalah kesabaran dan ketenangan. Warna yang merupakan campuran biru dan hijau ini menunjukkan kematangan pada diri seseorang. Bila digunakan pada sebuah produk, maka akan memberikan kesan damai dan tenang.

Warna toska sangat bersahabat dengan mata. Oleh karena itu, warna ini sekarang mulai digunakan secara luas.

14. Perak

Perak atau silver merupakan warna yang identik dengan kekayaan dan kemewahan. Bagi mereka yang tak suka warna emas, biasanya menyukai warna perak untuk barang-barang mewahnya.

Warna perak yang mengkilat juga kerap dipakai untuk produk yang harganya mahal untuk menunjukkan kesan mewah yang lebih eksklusif seperti produk mobil.

Baca10 Jenis Font dan Kegunaannya


Demikian 14 arti warna dan filosofinya. Selain keempatbelas warna di atas, sebenarnya ada beberapa makna warna lain. Namun, psikologi warna selain yang dijelaskan di atas kurang dominan. Semoga bermanfaat.

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *