Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


Ini Dia 10 Tips Membuat Banner Makanan Menarik!

3 min read

Cara Membuat Desain Menu Makanan Keren
Cara Membuat Desain Menu Makanan Keren | ©Freepik.com

Setiap promosi yang dilakukan oleh para pebisnis dapat berbagai macam, bisa melalui media cetak maupun elektronik.

Begitu pula untuk usaha jualan makanan seperti restoran, seringkali memasang banner untuk menarik pengunjung datang.

Banner makanan menarik ini sering dipakai sebagai media promosi karena harganya terjangkau, bisa dipasang dalam waktu yang lama, dan biasanya dipasang di jalan-jalan sehingga mudah dilihat oleh pengendara atau orang yang lewat sehingga dirasa sebagai alternatif promosi yang efektif.

Membuat banner makanan menarik memiliki berbagai manfaat. Lalu, apa saja manfaat banner tersebut?

Dan, bagaimana caranya membuat banner makanan menarik agar bisa menarik pengunjung? Mari kita 10 tips berikut dalam artikel ini.

Baca juga:

Manfaat Membuat Banner Makanan Menarik

Untuk lebih jelasnya, manfaat banner makanan menarik bisa dilihat dari berbagai sisi, diantaranya yaitu:

1. Mempromosikan Produk Makanan atau Restoran

Tujuan utama membuat banner makanan menarik yaitu sebagai media promosi dan memperkenalkan bisnis Anda kepada calon pelanggan.

Banner promosi makanan ini membuat orang mengetahui makanan apa yang Anda jual, nomer kontak pemesanan, hingga tempat restoran Anda.

2. Menarik Perhatian Pelanggan

Pernahkah Anda meilhat banner di jalanan? Bagaimana tampilannya? Banner promosi makanan yang Anda lihat tentu sangat menggiurkan dengan gambar makanannya yang menggugah selera dan kata-kata jargonnya yang persuasif sehingga Anda terpancing untuk membelinya.

Ya, strategi ini yang biasa dipakai oleh pemilik bisnis dengan memasang banner semenarik mungkin dengan didesain sedemikian rupa untuk merebut hati pelanggan.

3. Membangun Branding dan Citra

Banner promosi makanan dapat dijadikan untuk membangun branding dan citra bisnis karena jika calon pelanggan sering melihat banner tersebut, maka akan timbul persepsi dan kepercayaan kepada produk makanan Anda.

Dengan demikian, dapat membangun reputasi yang positif dan menambah jumlah pelanggan setia.

4. Tidak Banyak Mengeluarkan Biaya

Dalam membuat banner promosi makanan sebenarnya tidak membutuhkan banyak biaya apalagi jika Anda adalah seorang desain grafis. Anda bisa membuat desain banner sendiri sehingga akan menghemat pengeluaran.

Anda juga bisa menggunakan format desain grafis yang ada di internet dan memodifikasinya sesuai dengan keinginan Anda.

Sedangkan untuk mencetak banner Anda bisa menemukan percetakan yang terjangkau karena bisnis percetakan banner ini sudah banyak di buka. Anda hanya perlu untuk melakukan survey tempat percetakan dan mempertimbangkan harganya.

5. Tidak Banyak Memakan Waktu

Dibandingkan dengan media elektronik atau digital, membuat banner jualan makanan lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu. Hal ini akan meningkatkan efisiensi waktu Anda untuk melakukan pekerjaan penting lainnya untuk menumbuhkan bisnis makanan Anda.

10 Tips Membuat Banner Makanan Agar Terlihat Menarik

Setelah Anda mengetahui apa saja manfaat dari banner, maka ada beberapa tips untuk membuat banner jualan makanan menarik. Apa sajakah itu?

1. Menentukan Jenis dan Ukuran Banner

Cara membuat banner jualan makanan yang pertama adalah menentukan ukuran. Ukuran banner disesuaikan oleh wilayah dan pengamatan mata yang sesuai. Jangan memasang banner terlalu besar jika wilayahnya tidak begitu luas karena ini akan menyulitkan orang untuk membacanya dari jarak dekat.

Namun, jangan terlalu kecil juga memasang banner karena fungsi dari benner tersebut tidak dapat tercapai karena orang tidak bisa membacanya. Oleh karena itu, tetapkan ukuran banner secara benar dan pertimbangkan juga modal yang Anda punya.

2. Letakkan Logo di Paling Atas Banner

Agar lebih diingat oleh orang yang melihat banner jualan makanan Anda, maka sebaiknya untuk memposisikan logo merek Anda di paling atas. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian orang pertama kali.

Sejatinya, desain logo ini sangat penting untuk membedakan produk Anda dengan pesaing lainnya. Untuk itu, akan lebih baik jika posisi logo dibuat paling atas supaya terkesan lebih menonjol.

3. Buatlah Gambar yang Menarik dan Kualitas Tinggi

Dalam banner pasti terdapat gambar foto makanan atau rumah makan yang Anda punya.

Dalam membuat gambar yang menarik, Anda perlu mengunakan kualitas tinggi, supaya jelas dan tidak blur untuk menarik perhatian karena pada dasarnya, manusia adalah makhluk visual yang suka hal yang indah.

Melalui gambar, otak juga akan lebih cepat menangkap informasi yang ada sehingga hal ini juga merupakan strategi paling baik untuk menarik pelanggan.

4. Jangan Memuat Banyak Tulisan

Tulisan yang informatif dan persuasif juga penting digunakan dalam promosi. Namun, Anda harus memperhatikan pemilihan kata serta jangan terlalu memuat banyak tulisan. Bagi pengendara mobil atau sepeda motor, tulisan yang terlalu banyak tentu tidak akan sempat terbaca.

5. Memilih Font Tulisan

Font juga sangat menentukan dalam terbacanya tulisan di banner. Jangan menggunakan font tulisan tegak bersambung atau rumit, cukup gunakan font yang sederhana dan bisa terbaca dengan jelas walaupun jarak jauh sekalipun.

Tentukan juga ukuran font supaya mudah dilihat oleh mata pengamat.

6. Memilih Warna yang Cocok

Warna yang digunakan untuk desain banner tidak perlu terlalu mencolok. Anda perlu menggunakan warna yang elegan dan terlihat seimbang dari komposisi warna secara keseluruhan.

Warna tersebut pada dasarnya dapat memiliki makna, terutama dalam hal makanan. Pilihlah warna yang mengundang selera makan misalnya warna kuning melambangkan keceriaan sehingga dapat meningkatkan selera makan, hijau untuk makanan sehat, dsb.

Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan warna yang menentukan identitas bisnis makanan Anda.

7. Tambahkan Diskon Harga

Sudah menjadi rahasia umum bagi pelaku usaha untuk manjalankan strategi marketingnya dengan mengadakan diskon.

Diskon ini akan membuat para pelanggan tertarik karena pelanggan akan selalu ingin mendapatkan keuntungan dari apa yang mereka beli.

8. Berikan Nomer Kontak

Walaupun terdengar sepele, tapi nomer kontak adalah hal yang sangat penting untuk dicantumkan dalam banner yang Anda buat. Jangan sampai membuat pelanggan kebingungan untuk memesan makanan Anda.

Detail kontak ini harus ditaruh dalam banner dan biasanya diletakkan di bagian akhir agar pembaca yang tertarik dapat mengambil langkah selanjutnya untuk memesan makanan Anda.

9. Memilih Bahan Banner yang Bagus

Pemilihan banner juga penting untuk meningkatkan kualitas dari desain banner yang ingin dicetak serta untuk menjaga desain agar tidak cepat rusak karena beberapa faktor eksternal yang dapat mempengaruhi.

Contohnya sinar matahari, hujan, dan tiupan angin yang dapat menyebabkan banner menjadi rusak.

Untuk itu, pilihlah bahan banner yang berkualitas baik seperti bahan flexy Jerman yang memiliki ketahanan yang baik dan cocok digunakan untuk banner di luar ruangan. Selain itu, ada juga bahan PVC atau Easy banner yang cocok untuk outdoor.

10. Menggunakan Headline dan Kata-kata Kreatif

Curahkan ide tulisan Anda untuk membuat banner makanan menarik pada headline. Tambahkan judul banner Anda dengan singkat dan padat, namun dapat menggambarkan identitas makanan Anda secara baik.

Gunakan kata-kata persuasif yang menambah minat calon pelanggan untuk penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk yang Anda jual.

Komunikasi yang efektif dan kreatif juga penting agar langsung ditangkap oleh pembaca. Misalnya kata-kata “Diskon”, “Beli 1 gratis 1”, “Hanya hari ini”, dsb.

Baca juga:


Demikian 10 tips membuat banner makanan menarik untuk membuat usaha Anda semakin laris. Semoga bermanfaat!

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *