Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


Cara Memulai Belajar Desain Grafis dari Dasar Hingga Mahir

2 min read

Cara Belajar Desain Grafis dari Dasar Hingga Mahir
Cara Belajar Desain Grafis dari Dasar Hingga Mahir | ©Unsplash.com

Belajar desain grafis tidak harus kuliah di jurusan desain komunikasi visual. Anda bahkan bisa menjadi seorang desain grafis hanya dengan mempelajarinya sendiri.

Nah, mau tahu bagaimana cara belajar desain dari dasar hingga mahir? Simak ulasan kami berikut ini.

Cara Belajar Desain Grafis dari Dasar Hingga Mahir

1. Pilih salah satu software

Sebelum memulai belajar desain grafis, Anda bisa memilih dulu software apa yang ingin dipelajari. Kalau Anda ingin belajar desain yang kompleks tentu pilihannya adalah coreldraw. Software yang satu ini mendukung pembuatan desain secara manual.

Software lain yang bisa dipilih untuk belajar desain adalah adobe photoshop. Untuk menguasai coreldraw dan photoshop memang memerlukan waktu, mengingat banyak tools dengan beragam fungsi.

Merasa sulit? Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi di smartphone yang lebih simpel seperti canva atau Photoscape.

Baca : 7 Aplikasi Desain Rumah PC Terbaik 2021

2. Memulai Dari yang Mudah

Mulailah belajar desain dari membuat karya yang paling mudah. Misalnya dengan membuat kumpulan bentuk-bentuk shapes dengan beragam warna. Bila sudah bisa, ditingkatkan lagi untuk mengubah bentuk shapes. Kemudian, buatlah bentuk vektormu sendiri.

Tidak ada yang menyuruh Anda untuk langsung menjadi seorang profesional. Jadi, pelajari dulu tools-tools yang ada di program yang Anda pilih.

Kemudian, coba aplikasikan tiap-tiap tools itu ke lembar kerja. Maka, Anda akan mulai mengingat fungsi dari masing-masing tools.

3. Meniru desain yang sudah ada

Belum menemukan ide sendiri? Tidak perlu khawatir. Anda bisa mulai belajar desain grafis dengan cara meniru desain yang sudah ada. Tentu saja, teknik meniru ini hanya untuk urusan belajar ya, bukan plagiat.

Mengapa harus meniru? Tidak semua orang bisa langsung membuat konsep desain yang utuh, apalagi baru belajar desain. Untuk memahami bagaimana sebuah ide dirangkum dalam konsep, maka diperlukan pembiasaan.

Nah, tujuan meniru desain yang sudah ada adalah untuk membiasakan diri membuat desain terkonsep.

4. Sering mengamati hasil desain orang lain

Bila masih belajar desain pemula, sering-seringlah mengamati desain orang lain untuk mengumpulkan pengetahuan dan ide. Hal ini sangat bermanfaat bila suatu ketika ingin membuat desain Anda sendiri.

Seringnya mengamati desain orang lain bermanfaat untuk memperluas wawasan tentang konsep desain. Misalnya, tentang penggabungan warna, bentuk huruf yang bagus, bentuk vektor, dan sebagainya.

Anda bisa mengamati hasil desain orang dengan melihatnya via instagram atau web-web portofolio lainnya.

5. Minta masukan orang lain

Setelah membuat karya desain, sebaiknya minta masukan dari orang lain tentang karya Anda. Tujuannya adalah supaya Anda tahu apakah karya tersebut dapat diterima oleh orang lain atau tidak.

Wawasan dan kritikan orang bisa jadi alasan untuk memperbaiki karya desain Anda. Jadi, jangan takut dengan kata-kata buruk orang lain ketika belajar desain grafis. Ambil saja manfaatnya untuk meningkatkan kemampuan desain Anda.

6. Mengikuti Komunitas

Cara belajar desain bagi pemula selanjutnya adalah dengan mengikuti komunitas. Di dalam komunitas tersebut, Anda bisa berteman dengan orang-orang dengan latar yang sama. Jadi, Anda punya kesempatan untuk menanyakan sebuah teknik desain kepada orang lain.

Alasan lain mengikuti komunitas desain adalah agar Anda lebih bersemangat dalam mengembangkan ilmu. Di komunitas ini, Anda akan melihat karya desain orang lain dan pembicaraan seputar desain sehingga menambah wawasan yang masih terbatas.

7. Mengikuti beragam lomba

Untuk memacu keterampilan desain Anda, silahkan ikuti beragam lomba desain. Dari lomba-lomba itu, Anda bisa belajar desain dengan lebih profesional karena dituntut untuk mengerahkan segala kemampuan demi menciptakan karya terbaik.

8. Mempelajari Ilmu Pendukung

Untuk menjadi seorang profesional desain grafis diperlukan beragam ilmu. Jadi, menguasai aplikasi saja tidak cukup. Anda memerlukan ilmu-ilmu pendukung yang akan membuat karya desain Anda terlihat sempurna.

Ketika belajar desain grafis, pelajari pula ilmu tentang warna, mulai dari filosofi warna, teknik memadukan warna, dan gradasi warna. Mengapa ilmu ini perlu? Setiap warna memiliki karakter dan akan mempengaruhi psikologi seseorang. Jadi, pemilihan warna pada desain juga penting.

Ilmu kedua yang harus dipelajari ketika belajar desain adalah tentang font. Ada banyak font yang berkeliaran di internet sekarang ini. Seperti halnya warna, masing-masing font punya karakter dan makna.

Anda harus paham tentang makna font sehingga tidak asal memilih font ketika membuat konsep desain.
Ilmu tambahan lain yang bisa Anda pelajari adalah tentang penggunaan kosa kata. Pemilihan kata-kata pada sebuah desain menjadi sangat penting bila desain tersebut dipakai untuk kepentingan marketing.

Seorang desainer juga perlu menguasai bahasa advertising supaya mampu membuat sebuah karya desain yang sempurna. Apalah artinya sebuah brosur dengan paduan warna dan gambar menarik, namun kata-kata di dalamnya terlalu panjang dan sulit dimengerti?

9. Memodifikasi desain yang ada

Bila Anda sudah menguasai banyak tool dasar, maka bisa mengembangkan ilmu dengan memodifikasi desain yang sudah ada. Belajar desain grafis lanjutan dilakukan dengan melakukan modifikasi terhadap desain yang sudah ada.

Jadi, Anda tidak perlu mengonsep sejak awal, tinggal meniru dan mengganti sebagiannya saja. Misalnya, mengganti warna dasar, bentuk tulisan, ketebalan tulisan, bayangan gambar, atau beberapa bentuk vektor.

Baca juga : 6 Alasan Memilih Jurusan Desain Grafis


Nah, itulah sembilan cara belajar desain grafis dari dasar hingga mahir yang dapat Anda ikuti.

Langkah-langkah praktis di atas akan membuat Anda mudah dalam belajar desain tanpa harus masuk ke perguruan tinggi. Semoga bermanfaat.

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *