Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


8 Contoh Bisnis Desain Grafis Modal Kecil 2021

3 min read

Bisnis Desain Grafis Modal Kecil 2021
Ide Bisnis Desain Grafis Modal Kecil 2021 | ©Unsplash.com

Seorang lulusan desain grafis memiliki prospek kerja yang baik karena didukung dengan era digital saat ini yang mengharuskan penggunaan desain grafis seperti untuk industri kreatif, dsb.

Jika Anda adalah salah satunya, Anda harus memperhatikan secara jeli pekerjaan apa yang cocok untuk Anda geluti. Anda dapat membuka bisnis desain grafis sendiri dengan memperolah keuntungan yang besar.

Namun, untuk membuka bisnis tentu saja tidak terlepas dari pikiran modal yang dikeluarkan. Anda tidak perlu khawatir karena modal untuk contoh bisnis desain dalam artikel ini hanya berinvestasi skill, laptop, dan software yang mendukung.

Memulai  bisnis desain grafis dapat dilakukan secara online, Anda hanya perlu mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial yang ada.

Oleh sebab itu, bisnis desain grafis online sering dijadikan rebutan oleh perusahaan untuk mendapatkan konten yang baik. Bisnis desain grafis online ini juga cocok untuk masa pandemi saat ini karena Anda sebagai wiraswasta atau freelance desainer dapat melakukannya di rumah.

Apa saja contoh bisnis desain grafis tersebut? Mari kita simak!

8 Contoh Bisnis Desain Grafis Paling Menarik 2021

Berikut contoh bisnis desain grafis yang bisa dilakukan dengan modal kecil dan online:

1. Bisnis Desain Rumah

Anda yang memiliki kemampuan di bidang arsitektur dapat Anda manfaatkan untuk membuka bisnis desain rumah. Jasa desain rumah ini banyak dicari hal ini dilansir oleh neilpatel.com pencarian bisnis desain rumah ini sekitar 5000-6000 orang per bulan.

Pekerjaan ini hanya membutuhkan laptop yang mendukung untuk install aplikasi desain rumah. Aplikasi yang digunakan seperti: AutoCAD, ArchiCAD, Sketch-up, dsb. Bisnis ini sangat menjanjikan karena penghasilan yang didapat dalam sekali desain tergolong tinggi.

Penghasilan dari jasa desain rumah ini tergantung dari ukuran bangunan atau permeter perseginya yaitu 100 ribu hingga 1 juta per meternya.

Baca : Begini Cara Memulai Bisnis Baju Desain Sendiri

2. Bisnis Desain Interior

Contoh bisnis desain grafis yang menjanjikan selanjutnya adalah desain interior. Sama seperti desain rumah, untuk menggeluti bisnis ini ini harus menggunakan aplikasi desain seperti di atas.

Anda bisa memulai bisnis desain grafis online untuk memudahkan promosi. Penghasilan yang didapat dalam bisnis interior ini juga sangat menjanjikan.

Bisnis desain grafis satu ini memang lagi populer hal ini karena banyak perusahaan yang ingin meningkatkan penjualan dan promosi dengan menggunakan jasa desain grafis logo sebagai branding produk jualan.

Dengan demikian, perusahaan dapat melakukan branding atau mengiklankan produknya dengan baik.

Bisnis ini sangat cocok untuk ahli desain grafis seperti Anda. Modalnya hanya laptop yang Anda punya dengan aplikasi Coreldraw atau Photoshop di dalamnya.

Penghasilannya juga tergantung dari keprofesionalitasan Anda mulai dari 50 ribu hingga 3 jutaan rupiah.

4. Bisnis Desain Kaos

Bisnis desain kaos banyak dicari untuk membuat kaos untuk olahraga, seragam kantor, kaos distro, hingga kaos angkatan.

Anda yang ahli dalam merancang desain kaos dapat membuka bisnis ini. Penghasilannya juga bervariatif mulai dari 75 ribu hingga 2 jutaan.

Baca : Ciri Aliran Kubisme

5. Bisnis Desain Web

Menjadi seorang web desainer adalah pekerjaan yang sangat laris saat ini. Banyak para blogger atau situs yang memerlukan jasa desain web untuk memperindah tampilan websitenya sehingga meningkatkan jumlah pengunjung.

Bisnis ini sangat cocok untuk orang yang ahli dalam HTML coding, desain grafis, SEO, dan pengembang web.

Penghasilan dari jasa ini tergantung dari kerumitan desain dan jumlah halaman yakni berkisar 500 ribu hingga 5 juta. Adapun untuk jasa programnya lebih mahal lagi bahkan bisa mencapai ratusan juta.

6. Bisnis Desain + Percetakan (Brosur, Undangan, Stiker, Kalender)

Bisnis desain grafis biasanya erat kaitannya dengan usaha percetakan karena ada beberapa bisnis yang dijadikan satu sekaligus tidak hanya mendesain tapi juga mencetaknya hingga jadi.

Bisnis tersebut antara lain bisnis pembuatan brosur, undangan, stiker, dan kalender. Bisnis ini sangat menjanjikan karena banyak orang yang membutuhkan brosur, undangan, stiker, dan kalender untuk berbagai keperluan.

Setelah Anda mendesain di laptop menggunakan aplikasi seperti Coreldraw dan Photoshop, lalu bisa dicetak dengan mesin laser A3 atau mesin offset.

7. Bisnis Layouter Koran/Majalah

Layouter adalah jenis bidang desain grafis yang berhubungan dengan sebuah bidang dan grafis sehingga membentuk susunan yang artistik dan rapi.

Misalnya layouter koran yaitu orang yang menata dan mengatur layout dari koran atau majalah. Hal ini dimaksudkan untuk memadukan elemen gambar dan tulisan agar terlihat lebih interaktif sehingga dapat menarik perhatian pembaca dan mudah dalam membacanya.

Seorang layouter memerlukan software seperti Adobe in Design, Adobe Page Marker, dsb. Harga yang ditawarkan dalam jasa ini bervariasi tergantung tampilan dan halaman mulai dari 50 ribu hingga 500 ribu.

8. Bisnis Editor Video/Foto

Editor bukan hanya orang yang mengedit naskah tulisan dan karangan, tetapi juga dalam bidang desain grafis editor juga diperlukan untuk menata video agar layak ditonton atau untuk mengedit foto sesuai dengan keingianan pelanggan.

Jasa edit foto sangat menguntungkan karena banyak orang yang membutuhkannya untuk mengedit foto untuk kado ulang tahun atau wisuda, bisa juga untuk mengedit kartu menu makanan restoran. Contoh bisnis desain grafis ini bisa Anda lakukan dengan modal skill untuk merealisasikannya.

Untuk bisnis editor video, biasanya banyak yang memakai jasa tersebut untuk mengedit konten iklan, vlog, animasi, dsb. Bisnis ini mudah dijalankan untuk orang yang ahli dalam bidang editing video.

Aplikasi yang biasa digunakan untuk edit video yaitu filmora, kinemaster, video editor, dan aplikasi lain yang bisa Anda dapatkan secara gratis melalui Playstore.

Baca : Jurusan DKV Universitas Negeri


Demikian contoh bisnis desain grafis dengan modal kecil yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk memulainya dari sekarang.

Anda bisa memilih bisnis apa yang sesuai dengan kemampuan karena desain grafis ini sebenarnya dapat terdiri dari berbagai bidang. Semoga bermanfaat!

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *