Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


Bagaimana Cara Membuat Sorotan di IG Tampak Keren? Check This Out!

4 min read

Cara Membuat Sorotan di IG
Cara Membuat Sorotan IG Keren | ©Pexels.com

Pada awal bulan Desember tahun 2017 lalu, Instagram telah memperkenalkan fitur barunya yaitu Stories Highlights. Fitur ini memiliki keunggulan dalam membagikan cerita favorit dari setiap akun instagram kepada pengunjung atau pengguna lainnya.

Munculnya fitur ini membuat banyak pengguna tertarik untuk menampilkan story yang menurut pengguna bagus dan telah tersimpan, sehingga dapat dipajang pada sorotan atau fitur highligihts ini.

Oleh karena itu kami akan membahas seberapa menariknya fitur ini? Bagaimana cara membuat sorotan di ig tampak bagus dan menarik? Bagaimana cara download sorotan ig? Hingga bagaimana cara membuat sorotan di ig tanpa membuat story?

Simak baik-baik hingga selesai, ya.

Mengenal Fitur Sorotan atau Highlights pada Instagram

Pertama, Anda bisa mengetahui dan memahami terlebih dahulu mengenai hal-hal seputar fitur sorotan atau highlights instagram, sebelum beranjak pada pembahasan mengenai cara membuat sorotan di ig.

Stories highlights, merupakan suatu fitur yang ditambahkan pada profil user atau bio instagram dari suatu akun, yang memuat berbagai rangkuman dari beberapa cerita yang telah dibuat oleh pengguna.

Sehingga pengguna dapat membuat dan memilih cerita mana yang akan di tampilkan pada stories highlights ini.

Dengan menampilkan sorotan atau highlights pada bio instagram, maka story pengguna yang telah dibuat tidak akan hilang dalam 24 jam, namun akan hilang jika memang telah dihapus oleh pengguna sendiri.

Nah, jika memang fitur ini belum tampil pada bio instagram Anda, maka disarankan bagi Anda untuk memperbaharui atau update aplikasi IG Anda terlebih dahulu, ya.

Bentuk dari stories highlights yang ditampilkan pada bio instagram adalah lingkaran yang akan berputar setelah di tap atau klik.

Uniknya, jika Anda menahan saat mengklik fitur ini beberapa detik, maka akan muncul pilihan untuk mengedit atau menghapus sorotan.

Cara Membuat Sorotan Di IG Tampak Keren

Fitur highlights bisa dibuat dengan langsung menampilkan story instagram yang telah Anda buat, waktunya pun bebas, Anda bisa memilih story manapun sesuai keinginan untuk ditampilkan pada fitur highlights.

Sebetulnya membuat sorotan instagram sangat mudah, namun agar tampak indah tampilan bio instagram Anda, maka bisa membuatnya dengan memberi cover atau wallpaper dengan bantuan aplikasi lain.

Nah, kali ini kami mencoba membahas cara membuat sorotan di ig tampak bagus dengan menggunakan aplikasi Canva, baik melalui PC atau smartphone.

Cara membuat sorotan di ig agar tampak bagus melalui aplikasi Canva, kami pilih karena termasuk aplikasi yang user friendly, dan telah banyak diunduh oleh para pengguna.

Anda juga bisa membuat wallpaper sorotan ig warna hitam melalui aplikasi Canva, lho dengan meningkatkan kreativitas dalam membuat sorotan instagram menjadi lebih menarik tentunya.

Berikut adalah cara membuat sorotan di ig tampak bagus dengan menggunakan aplikasi Canva di smartphone.

  • Pertama, silakan Anda mengunduh aplikasi Canva yang ada pada Google Play Store, lalu secara otomatis akan ter-install setelah mengunduhnya.
  • Berikutnya buka aplikasi Canva, dan langsung menuju kolom pencarian, lalu ketik instagram story cover highlights.
  • Secara otomatis, Canva akan memunculkan berbagai macam pilihan template cover highlights.
  • Silakan pilih template yang Anda inginkan, atau bisa juga memilih blank template untuk membuat cover highlights.
  • Jika Anda telah memilih template yang tersedia, maka berikutnya akan diarahkan menuju jendela baru, silakan pilih edit yang tercantum pada layar smartphone Anda.
  • Setelah itu, Anda bisa mengedit sesuai keinginan. Apabila ingin membuang beberapa elemen yang ada di template atau menggantinya dengan logo, gambar, dan icon lain, sangat dipersilakan.
  • Jika ingin menambahkan logo, bisa tap icon “plus” yang ada di pojok kanan bawah., lalu pilih menu illustration.
  • Akan muncul banyak sekali ilustrasi dan logo yang bisa Anda pilih, saran saja, jika memang Anda telah mengetahui jenis logo seperti apa yang diinginkan untuk edit cover highlights, maka Anda bisa langsung menuliskan nama logo atau icon pada kolom pencarian setelah tap “plus” tadi.Setelah terpilih logo atau icon yang Anda suka, berikutnya silakan atur ukuran dan orientasinya, dan jika ingin menambahkan logo, bisa ulangi lagi langkah tadi.
  • Pada pilihan menu “plus” tidak hanya logo, ya kawan-kawan, ada banyak sekali hal-hal yang bisa Anda tambahkan pada cover highlights, bisa berupa frame, gambar dari galeri, font, bentuk bangun ruang, dan sebagainya.
  • Setelah selesai, dan merasa sudah sesuai desain yang dibuat, silakan tap menu download dengan icon panah kebawah, yang terletak pada pojok kanan atas.

Anda bisa mengecek hasil editan cover highlights tadi, pada galeri foto.

Cara membuat sorotan di ig tampak bagus, tentunya perlu dilatih, jika ingin menghasilkan desain cover sorotan ig yang menarik, jadi tetap buat proses belajar editing Anda di Canva menyenangkan, ya. Selamat mencoba!

Cara Menambahkan Sorotan Di IG

Setelah mengetahui cara membuat sorotan di ig tampak bagus diatas, Anda sudah mempunyai cover highlights yang siap untuk ditambahkan pada fitur sorotan instagram milik Anda.

Cara menambahkan sorotan di ig ini, bisa dilakukan dengan membuat baru. Berikut tahap-tahapnya.

  • Pertama, buka aplikasi instagram, lalu masuk ke bio atau profil.
  • Anda bisa tap “New” pada lingkaran paling kiri, atau icon plus di kanan atas.
  • Anda bisa memilih stories dari kolom arsip, atau story yang telah tersimpan pada waktu tertentu.
  • Setelah memilih story, Anda dapat memberikan nama dari sorotan yang ingin dibagikan untuk ditampilkan.
  • Cek dulu sorotan yang telah Anda buat atau tambahkan dengan klik pada sorotan, maka lingkaran akan berputar dan menampilkan urutan sorotan sesuai yang telah Anda buat.

Cara menambahkan sorotan di ig juga bisa dilakukan dengan mengunggah cover yang sudah dibuat melalui aplikasi Canva sebelumnya, dengan mengeditnya,

  • Pertama, Anda bisa menjalankan aplikasi instagram.
  • Lalu, tekan dan tahan selama beberapa saat, pada sorotan yang akan diubah covernya.
  • Berikutnya, bisa memilih menu Edit Sorotan.
  • Tekan atau tap Edit Sampul, silakan tekan ikon foto untuk mengunggah dan memilih cover instagram yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Jika sudah, bisa tekan, Selanjutnya.
  • Apabila terlihat posisi yang menurut Anda kurang pas, maka bisa digeser ikon dari cover sorotan agar terletak tepat ditengah, lalu tekan Selesai > Selesai.

Cara Download Sorotan IG

Instagram sudah memberikan fitur mengenai pengunduhan atau penyimpanan sorotan. Berikut kami bahas mengenai cara download sorotan ig.

  • Pertama, bukalah aplikasi instagram pada telpon pintar Anda.
  • Jika belum login, maka Anda bisa login terlebih dahulu.
  • Setelah, masuk silakan langsung menuju profil instagram Anda.
  • Silakan tap icon sorotan yang telah Anda buat, dan pilih sorotan mana yang ingin Anda download atau simpan.
  • Jika sudah, tap pada menu “ kali dilihat” yang terletak di pojok kiri bawah.
  • Akan muncul siapa saja yang melihat story Anda, dan beberapa icon.
  • Terakhir, tap icon panah bawah, untuk mengunduh sorotan yang telah Anda pilih.

Itulah cara download sorotan ig, yang bisa diterapkan pada profil ig Anda, selamat mencoba!

Cara Membuat Sorotan Di IG Tanpa Membuat Story

Kebanyakan sorotan instagram memang dimulai dengan story yang ditampilkan terlebih dahulu kepada user lain.
Tetapi, tidak sedikit juga user yang ingin membuat sorotan instagram tanpa membuat story dulu, beberapa ada yang beralasan tidak ingin story-nya dilihat oleh user lain.

Jadi bukan benar-benar membuat sorotan tanpa story, ya. Berikut tahapan mengenai cara membuat sorotan di ig tanpa membuat story.

  • Pertama, ubahlah akun instagram Anda pada mode private.
  • Jika sudah, silakan masuk pada pengaturan cerita, lalu atur mengenai akun siapa saja yang ingin Anda sembunyikan dari story Anda.
  • Berikutnya, buatlah story dan upload pada Instagram Anda, jangan kuatir, karena sudah disembunyikan, maka user atau followers lain tidak dapat melihat story Anda.
  • Setelah berhasil membuat story, maka Anda bisa menambahkannya ke fitur sorotan, caranya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ya.
  • Kembalilah ke menu pengaturan ig > pengaturan cerita > kemudian atur sembunyikan kembali seperti semula lagi.

Baca jugaDownload Tema Iphone untuk Vivo


Demikian pembahasan mengenai cara membuat sorotan di ig, cara menambahkan sorotan di ig, cara download sorotan ig, hingga cara membuat sorotan di ig tanpa membuat story.

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat untuk Anda sekalian.

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *