Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


Cara Mengetahui Jenis Font dengan Cepat & Akurat

2 min read

Cara Mengetahui Jenis Font
Cara Mengetahui Jenis Font dengan Akurat | ©Unsplash.com

Ada banyak cara mencari jenis font yang digunakan pada tulisan. Bisa dengan cara manual, yaitu mencocokkan tulisan dengan ragam jenis font yang ada di microsoft word.

Tapi, ada juga cara mengetahui jenis font secara cepat dan akurat tanpa perlu ribet. Penasaran? Baca selanjutnya!

Cara Mengetahui Jenis Font Melalui Aplikasi

Bila Anda memiliki aplikasi adobe photoshop atau WhatTheFont-iTunes, maka bisa langsung cek jenis font tertentu tanpa menjelajahi internet. Caranya juga cukup mudah.

1. Photoshop

Photoshop adalah aplikasi pertama yang bisa Anda pakai untuk mencari jenis font pada logo atau desain orang lain.

Namun, Anda harus memiliki aplikasi ini dulu di PC atau laptop bila ingin menggunakannya. Photoshop tidak tersedia di smartphone sehingga wajib punya PC/laptop.

Cara mengetahui jenis font dengan aplikasi edit foto ini adalah dengan:

  • Buka menu file
  • Open file
  • Klik logo yang sebelumnya telah kita simpan
  • Klik menu type pada menu bar
  • Kemudian pilih match font

Setelah itu, tinggal tunggu prosesnya dan photoshop akan mencari jenis font yang sesuai dengan logo tersebut. Dengan memanfaatkan aplikasi photoshop ini, Anda tidak harus terhubung ke internet ketika ingin cek jenis font tertentu.

2. WhatTheFont Apps

Aplikasi kedua yang bisa digunakan untuk mencari tipe font secara langsung adalah WhatTheFont-iTunes. Tentunya hanya pemilik apple device saja (iphone, ipad, ipod, dan mac) yang dapat memanfaatkan aplikasi tersebut.

Cara mengetahui jenis font menggunakan aplikasi ini adalah dengan memfoto font yang ingin Anda ketahui dengan jelas. Kemudian, unggah hasilnya ke aplikasi WhatTheFont-iTunes. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Cara mengetahui jenis font menggunakan WhatTheFont-iTunes ini mengharuskan penggunanya terkoneksi dengan internet. Bagaimana? Sangat mudah, bukan?

Baca : Mengapa Pemilihan Font yang Tepat Penting dalam Desain?

Cara Mengetahui Jenis Font Melalui Web Browser

Bila Anda tidak memiliki laptop, pc atau iphone tetap bisa mencari jenis font dengan mudah dan akurat, yaitu dengan memanfaatkan web browser. Ada beberapa pilihan web browser yang terbukti bisa mencari jenis font dengan cepat dan akurat.

1. Fontspring Matcherator

Font matcherator merupakan aplikasi web browser yang bagus untuk cek jenis font. Cara mengetahui jenis font melalui situs ini hampir sama dengan WhatTheFont-iTunes, yaitu menggunakan unggahan gambar.

Anda hanya perlu masuk ke situs tersebut, kemudian unggah gambar font yang ingin diketahui. Bila belum punya, silahkan foto dulu logo atau desain cetaknya. Jangan lupa untuk mengambil jepretan gambar logo dengan jelas supaya mudah menemukan jenis dan nama font.

2. Identifont

Identifont adalah web browser kedua yang kami sarankan sebagai cara mengetahui jenis font secara cepat, mudah dan akurat. Pertama, Anda masuk ke aplikasi web browser identifont terlebih dahulu.

Selanjutnya, jawab pertanyaan yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Untuk bisa menjawab pertanyaan dengan baik, tentu saja Anda wajib tahu mengenai ciri-ciri dan nama font tertentu. Hal ini dikarenakan cara kerja identifont adalah dengan menyandingkan ciri-ciri font yang sama.

Apakah menurut Anda cara ini lebih mudah? Bagi sebagaian orang yang awam tentang materi jenis dan nama font, mungkin cara mengetahui jenis font menggunakan aplikasi identifont bukan pilihan tepat.

3. What font Is

Situs selanjutnya bernama what font Is yang memiliki sistem kerja mirip dengan font macherator. Ada dua pilihan cara yang disediakan oleh what font Is untuk Anda, yaitu dengan cara upload gambar font dan copy paste link URL.

Nah, kedua cara tersebut sama-sama menghasilkan hasil pencarian yang akurat. Situs ini termasuk ringan dan tidak banyak spam. Jadi, sangat direkomendasikan bagi Anda yang butuh cara mengetahui jenis font dengan cepat dan akurat.

4. Fount

Fount adalah aplikasi lain yang juga menawarkan pencarian jenis font dengan cara masuk dulu ke situsnya. Kemudian, lakukan instalasi plugin ke dalam situs fount ini. Aplikasi akan langsung mencari jenis font yang ingin Anda ketahui.

Kekurangan dari situs Fount ini adalah hanya mampu cek jenis font yang ada di web browser saja. Jadi, memang tidak seakurat font macerator. Tapi, kalau Anda ingin mencobanya boleh saja.

5. WhatTheFont – MyFonts

Tidak banyak berbeda dengan situs lainnya, font spring juga menyediakan jasa layanan cara mengetahui jenis font bagi pengunjungnya. Cara yang ditawarkan cukup mudah, yaitu tinggal masuk ke situs tersebut.

Kemudian, upload gambar font yang ingin Anda ketahui. Pilih bagian dari gambar yang ingin Anda ketahui jenis fontnya.

Biarkan beberapa saat hingga situs menemukan jenis dan nama font tersebut. Hasil yang diberikan situs ini sangat akurat meski caranya mudah.

6. Font Face Ninja

Aplikasi pencari font yang satu ini masih terhubung dengan google chrome. Jadi, Anda wajib mendownloadnya terlebih dahulu, lalu diinstal. Setelah aplikasi ini terpasang, lalu buka salah satu website yang ada di aplikasi ini.

Selanjutnya, klik kanan ikon face ninja. Kemudian arahkan kursor terhadap font yang ada di website. Anda akan mendapatkan hasil pencarian jenis font beserta ukurannya.

Baca : Jenis Font dan Kegunaannya


Nah, itulah delapan aplikasi yang bisa dipakai untuk mengetahui jenis font. Cara mengetahui jenis font menggunakan delapan aplikasi tersebut dijamin mudah, cepat dan akurat. Selamat mencoba.

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *