Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


Begini 8 Cara Menghemat Biaya Pernikahan 2021

3 min read

Cara Menghemat Biaya Pernikahan
Cara Menghemat Biaya Pernikahan | ©Unsplash.com

Biaya pernikahan kerap jadi momok yang membuat calon mempelai berpikir sekian kali untuk segera menghalalkan hubungannya.

Padahal, ada cara hemat biaya pernikahan yang tidak sampai 50 juta. Mau tahu? Berikut ini delapan tips hemat biaya pernikahan yang wajib kamu ketahui.

Sebelum kita membahas tips hemat biaya pernikahan, kita harus tahu dulu apa sih yang membuat biaya pernikahan itu melambung? Jawabannya tentu saja general konsep dari acara yang akan Anda laksanakan.

Kebanyakan pernikahan yang mengusung adat atau tata cara tradisional harus dilakukan beberapa kali. Nah, ini faktor pertama yang membuat biaya pernikahanmu melambung. Misalnya, Anda harus menyiapkan biaya untuk acara midodareni, siraman, sepasaran bahkan ngunduh mantu.

Faktor kedua adalah rasa “pekewuh” atau merasa kurang enak kalau tidak mengundang semua kenalan dan kerabat.

Padahal, tidak semua kerabatmu itu dekat rumah. Anda harus menyediakan tempat tinggal dan makanan selama beberapa hari untuk kerabat yang datang dari jauh. Wah, pernikahan hemat biaya tidak mungkin terlaksana kalau begini.

Sebenarnya, konsep pernikahan bisa dibuat lebih simpel dengan mengundang sedikit tamu dan tanpa banyak acara.

8 Tips Menghemat Pernikahan di Tahun 2021

Untuk lebih jelasnya, simak tips hemat biaya pernikahan berikut ini.

1. Batasi jumlah tamu undangan

Cara hemat biaya pernikahan yang pertama adalah dengan membatasi jumlah tamu undangan. Untuk itu, Anda bisa melakukan list nama teman, keluarga, dan kolega kerja. Kemudian, lakukan pemilihan jumlah undangan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Membatasi jumlah tamu undangan juga bisa dilakukan dengan menambahkan note “undangan hanya untuk satu orang”. Hal ini mengurangi kemungkinan mereka membawa keluarga atau teman-teman.

BacaCara Memulai Belajar Desain Grafis dari Dasar Hingga Mahir

2. Serba Sewa

Cara hemat biaya pernikahan yang kedua adalah dengan melakukan metode “sewa”, baik untuk gedung pernikahan, pakaian, atau hiasan-hiasan yang diperlukan. Dengan demikian, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Perlu diketahui bahwa harga satu baju penganti saja mencapai jutaan bahkan ada yang sampai belasan juta rupiah. Kalau Anda memerlukan dua atau tiga potong baju pengantin, maka butuh berapa juta untuk urusan kostum saja?

3. Batasi Durasi Acara

Semakin lama dan semakin banyak acara, maka semakin banyak biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi, membayar MC, sewa gedung, atau hiburan. Sebaliknya, acara yang dibuat dengan sederhana dan berdurasi pendek jauh lebih hemat.

Cara hemat biaya pernikahan ini juga bermaksud untuk mengurangi acara-acara yang kurang penting. Misalnya, pesta lanjutan dengan teman-teman di malam hari.

Bahkan, jika budget benar-benar terbatas, maka pesta pernikahan di rumah mempelai laki-laki bisa ditiadakan. Jadi, pernikahan hemat biaya dilakukan di gedung dengan tamu undangan dari pihak mempelai pria maupun wanita.

4. Hindari Prasmanan

Menu prasmanan terbukti memakan lebih banyak dana dibanding piring terbang. Cara hemat biaya pernikahan ini adalah dengan menyajikan dua atau tiga jenis makanan yang sama untuk semua tamu undangan.

Jenis makanan yang Anda pilih dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Tapi ingat untuk tidak terlalu berhemat dalam hal makanan supaya tidak dicibir oleh tamu undangan.

Bila dirasa pesanan catering terlalu mahal, Anda bisa mengelola sendiri soal makanan ini dengan menyewa tukang masak. Bahan-bahan yang diperlukan dapat dibelanjakan sendiri sehingga biaya untuk konsumsi dapat ditekan.

5. Konsep Dekorasi Minimalis

Hal yang lain yang membuat biaya pernikahan meledak adalah bunga-bunga hidup pada dekorasi. Bayangkan saja berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membeli bunga hidup tersebut? Padahal, bunga-bunga itu tak lagi bisa digunakan setelah acara selesai.

Cara hemat biaya pernikahan kali ini adalah memilih konsep dekorasi minimalis yang menggunakan hiasan plastik. Jadi, Anda hanya perlu membayar sewa dekorasi dengan harga ringan.

6. Hindari Gedung Mahal

Cara hemat biaya pernikahan selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan harga sewa gedung. Pilihlah gedung yang sesuai dengan jumlah tamu undangan. Bila tamu yang Anda undang tidak banyak, maka cari gedung yang lebih kecil.

Selain masalah ukuran gedung, Anda juga bisa memilih gedung yang lebih sederhana. Biasanya, gedung seperti ini cocok untuk pernikahan hemat biaya.

Kalau budget masih tidak mencukupi, Anda bisa menyewa tenda pernikahan untuk dipasang di halaman rumah. Tentu saja cara ini lebih hemat dibanding menyewa gedung.

7. Undangan Digital

Anda tidak perlu mencetak undangan pernikahan bila budget benar-benar terbatas. Sebagai cara hemat biaya pernikahan, ganti undangan cetak dengan undangan digital. Jadi, ada sekian juta rupiah yang bisa dihemat dan dipakai untuk keperluan lain.

Tidak perlu khawatir kalau dianggap kurang sopan. Justru dengan undangan digital bisa memudahkan untuk mengundang teman yang kebetulan tinggal di tempat yang jauh.

8. Dokumentasi Hemat Biaya

Cara hemat biaya pernikahan yang terakhir adalah dengan memilih dokumentasi yang harganya lebih murah.

Apabila pada saat itu belum ada dana untuk mencetak dokumen pernikahan atau membuat album pernikahan, maka bisa meminta fotografer untuk memberikan CD yang berisi foto-foto saja.

Nah, ketika Anda sudah punya dana, foto-foto tersebut baru dicetak dalam bentuk album. Dengan demikian, tidak semua biaya harus dikeluarkan di muka.

Semua cara hemat biaya pernikahan telah kami berikan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa hemat biaya saja tidak cukup. Anda juga harus mempersiapkan biaya pernikahan sejak dini supaya saat sudah ketemu jodol tidak kelabakan.

Nah, bicara mengenai biaya pernikahan, sebaiknya miliki tabungan pernikahan yang dapat diisi setiap bulan. Meski nominal tabungan bulanannya tidak banyak, tapi bila dilakukan secara rutin akan menjadi banyak juga.

Baca : Cara Membuat Biaya Undangan Pernikahan Murah


Itulah delapan cara hemat biaya pernikahan yang dapat Anda lakukan. Meski pernikahan hemat biaya, namun upayakan untuk tidak mengurangi kesakralan acara. Selamat mencoba.

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *