8 Cara Meningkatkan Skill Desain di Tahun 2022

cara meningkatkan kemampuan desain grafis
8 Cara Meningkatkan Kemampuan Desain Grafis | Src : Unsplash.com

Cara Meningkatkan Skill Desain untuk Peningkatan Karir – Menyeimbangkan kreativitas dengan keterampilan yang bisa ‘dijual’ seringnya menjadi tantangan. Tapi itu pada akhirnya bermanfaat seiring kemajuan karir Anda.

Tetap up-to-date terhadap keterampilan desain bisa menjadi hal yang menakutkan. Menyeimbangkan keinginan kreatif dan keterampilan yang dapat dipasarkan itu menantang.

Lebih dari segalanya, mempelajari keterampilan desain baru memajukan karir Anda dan mencegah Anda terjebak dalam jalan buntu di mana banyak orang melakukan hal yang sama bertahun-tahun.

Diversifikasi keahlian Anda akan membuat HR tertarik dengan resume Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk diajak interview. Industri desain terus berkembang, sehingga tidak mungkin untuk tidak beradaptasi dan mengikuti update yang ada.

Bagaimana Memulainya?

Terlalu sering, kita terjebak dalam hal-hal kecil dalam mempelajari keterampilan baru. “Apakah itu sesuai dengan jadwal saya, haruskah saya membayar, dapatkah saya belajar sendiri, atau apakah saya akan membuang waktu untuk mempelajari keterampilan yang salah?”

Semua adalah pertanyaan yang valid ketika memulai perjalanan untuk mempelajari keterampilan baru. Sementara semua pertanyaan ini layak untuk direnungkan, pada akhirnya itu adalah hambatan!

Menunggu kelas dengan mentor yang tepat pada waktu yang paling nyaman hanya memperlambat kemajuan kita dalam mempelajari keterampilan baru.

8 Cara Meningkatkan Skill Desain untuk Meningkatkan Value Diri

Berikut 8 tips yang bisa Desaintemplate.com bagikan sebagai cara meningkatkan kemampuan desain grafis di tahun 2022 ini agar CV Anda dilirik HR.

1. Mulai saja sekarang!

Mempelajari keterampilan baru menawarkan lebih banyak manfaat kepada Anda. Hal ini sangat-sangat berpotensi meningkatkan karir Anda.

Tidak ada kata terlambat. Anda bisa memulai untuk belajar hal baru dalam dunia desain sekarang. Manfaatkan Youtube untuk belajar hal baru seputar dunia desain.

Untuk channel Indonesia, Anda bisa menonton video-video dari Mas Yoko Bomb atau Mas Rio Purba untuk mendapatkan insight seputar desain dan peluang mendapatkan cuan di dalamnya.

2. Pelajari Bahasa Pemrograman Baru

Tidak ada urutan baku untuk mempelajari bahasa pemrograman baru. Jika Anda telah menguasai HTML dan CSS, saatnya beralih ke JavaScript atau Python untuk melengkapi keterampilan desain front-end Anda untuk membuat situs web dengan fungsi yang luas dan interaktif.

Fokus pada yang ingin Anda pelajari. Percayalah, terlepas dari apa yang orang mungkin katakan kepada Anda, tidak ada bahasa pemrograman yang paling baik!

Memahami lebih banyak bahasa pemrograman akan membantu Anda memasukkan lebih banyak fitur ke situs web Anda dan menciptakan pengalaman yang lebih mudah bagi developer saat mereka menerima desain Anda.

Baca juga13 Cara Menjual Desain Online Paling Menguntungkan

3. Jangan Khawatir Tentang Berapa Lama Untuk Belajar

Sebagai seorang desainer, mau tidak mau Anda harus mengikuti tren saat ini.

Namun tenang, skill dalam dunia desain trennya tidak secepat trend dalam fashion yang sangat cepat berubah. Sebagai contoh, Photoshop dan HTML telah ada sejak lama, dan mereka tidak ke mana-mana. Skill untuk kedua hal tadi masih dibutuhkan hingga sekarang, kan?

Meluangkan waktu untuk berinvestasi dalam pembelajaran adalah alasan yang berharga untuk pengembangan karir profesional Anda.

Silakan belajar secara otodidak  ataupun mempelajari keterampilan baru dari workshop maupun kelas online yang banyak bertebaran sekarang. Yang jelas, luangkan waktu! Entah 1 hari dalam seminggu, 1 jam dalam sehari, atau seperti apa, terserah Anda.

Yap, sekarang kembali kepada Anda. Maukah Anda meluangkan waktu untuk belajar dan bersabar demi kebaikan jangka panjang untuk Anda sendiri? 🙂

4. Pelajari Apa yang Ingin Anda Pelajari

Pelajari keterampilan yang ingin Anda habiskan lebih banyak waktu untuk melakukannya. Banyak orang bilang, namanya ‘passion‘.

Atau, lebih baik lagi, pelajari keterampilan desain yang menurut Anda akan menyenangkan dan bisa digunakan untuk hobi atau kegiatan sampingan.

Di zaman ini, Anda dapat menciptakan aliran pendapatan tambahan dengan menjual karya desain grafis secara online. Salah satu contohnya, via Microstock yang pernah kami bahas beberapa waktu yang lalu.

5. Lihatlah Kualifikasi Kemampuan untuk Pekerjaan Desain

Jika Anda bertanya-tanya keterampilan apa yang harus dipelajari, naiklah ke papan pekerjaan dan lihat persyaratan untuk posisi impian Anda di perusahaan papan atas. Perusahaan biasanya mencantumkan keterampilan yang mereka cari dalam desainer mereka.

Gunakan daftar ini untuk membuat peta pembelajaran bagi Anda sendiri. Anda sekarang tahu keterampilan yang Anda butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda. Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah mempelajarinya.

Anda dapat mengambil langkah lebih jauh dengan menemukan desainer saat ini di LinkedIn dan melihat keterampilan apa yang mereka miliki. Atau lihat portofolio mereka untuk mendapatkan inspirasi untuk proyek Anda berikutnya.

Jenis penelitian langsung ini akan memberi Anda wawasan yang lebih baik tentang keterampilan yang diinginkan oleh perusahaan papan atas daripada menebak-nebak keterampilan apa yang ingin Anda pelajari.

6. Jangan Takut dengan Keterampilan Desain yang Kedengarannya Sulit

Keterampilan yang semakin populer—seperti animasi, ilustrasi, dan desain grafis—terdengar sulit atau membutuhkan “bakat artistik”. Memuji seorang desainer untuk “mata” atau bakat mereka meremehkan semua kerja keras yang mereka lakukan.

Anda tidak perlu bakat untuk menjadi desainer hebat jika Anda bekerja keras. Motivasi dan dedikasi adalah keterampilan yang kurang dihargai sehingga orang-orang di puncak bidang desain mereka tidak cukup dikenal.

Keterampilan yang terdengar sulit meningkatkan kepuasan mempelajarinya. Mempelajari sesuatu yang mudah tidak memberikan tantangan atau membuat kita tumbuh sebagai pribadi. Mempelajari keterampilan yang sulit akan membawa resume Anda ke tingkat berikutnya.

7. Lihatlah Di Luar Bidang Keahlian Anda

Salah satu cara untuk membangun keahlian Anda adalah dengan melihat di luar peran Anda saat ini tetapi dalam industri yang sama. Misalnya, karya desainer web tidak sepenuhnya berbeda dengan karya desainer seluler.

Ya, bahasa dan antarmuka yang mendasarinya berbeda, tetapi pengetahuan prasyarat dan pengalaman mendesain situs web sebelumnya akan ditransfer ke pengembangan aplikasi.

Mampu membuat kode situs web dan aplikasi adalah keterampilan hebat bagi pekerja lepas atau perusahaan kecil. Orang yang tidak terbiasa dengan dunia desain seringkali tidak berpikir ada perbedaan antara aplikasi seluler dan situs web, atau UI vs. UX. Banyak pengusaha bingung desainer dan pengembang sebagai keterampilan yang sama atau akan meminta mereka untuk menyelesaikan tugas di luar keahlian mereka.

Pengalaman pengguna (UX) dan antarmuka pengguna (UI) adalah keterampilan yang saling membangun. Sementara desainer UI/UX sering disatukan, pekerjaan mereka berbeda.

Mempelajari keterampilan UI jika Anda seorang desainer UX, dan sebaliknya, dapat membantu Anda mendapatkan promosi, mendapatkan pekerjaan yang lebih konsisten, dan meningkatkan kualitas pekerjaan Anda untuk membantu rekan tim desain Anda karena Anda lebih memahami peran mereka.

8. Sharing kepada Orang Lain tentang Skill Desain Anda

Salah satu cara untuk memahami pengetahuan dan penerapan desain Anda adalah dengan mengajarkan kepada orang lain.

Saat mengajarkan sesuatu, Anda membuat koneksi baru di otak dan kemudian membuat Anda lebih memahami topik itu sendiri.

Bahkan, desainer yang paling berpengalaman pun akan mempelajari hal-hal baru saat mengajar orang lain. Anda isa mengari saudara, tetangga, adik tingkat, adik kelas, atau siapapun yang sedang membutuhkan skill desain yang Anda miliki.

Percayalah, berbagi tidak akan pernah rugi. Justru akan membuat yang Anda miliki itu semakin berkah dan bertambah banyak.

Baca jugaCara Memulai Usaha Desain Grafis

Kesimpulan

Peningkatan Keterampilan Akan Membuat Resume Anda Tetap Relevan

Mengejar keterampilan desain baru akan berpotensi meningkatkan karir Anda dan memberi Anda akses ke lebih banyak peluang pekerjaan. Tidak ada satu jalan yang ‘paling baik’ untuk meningkatkan keterampilan.

Yang penting adalah Anda memulai, mempelajari sesuatu yang Anda sukai, dan memasukkannya ke dalam keahlian Anda saat ini.

Itu dia 8 cara meningkatkan skill desain yang bisa Anda praktikkan untuk meningkatkan value diri. Sangat cocok bagi yang sedang berusaha meningkatkan karir, maupun fresh graduate yang baru akan terjun di dunia kerja.

Semoga bermanfaat ya!

Leave a Comment