Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


13 Cara Menjual Desain Online Paling Menguntungkan

3 min read

Cara Menjual Desain Online Terbaik
Cara Menjual Desain Online Terbaik | Src : Design-people.com

Apakah Anda ahli dalam bidang desain? Jika ya, maka Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk mendapatkan penghasilan.

Menjual desain secara online akan lebih mudah dibandingkan dengan offline karena Anda bisa mempromosikannya kapanpun yang Anda inginkan serta Anda bisa mendapatkan customer dari berbagai daerah bahkan hingga luar negeri.

Ada berbagai macam cara menjual desain online paling menguntungkan yang bisa Anda lakukan dalam website jualan design. Website jualan design ini memfasilitasi Anda untuk berjualan dan memperlihatkan hasil karya Anda kepada pengguna yang mengunjungi website tersebut.

13 Cara Menjual Desain Online Paling Potensial 2022

Lalu apa saja website jualan design tersebut? Mari kita simak!

1. Designhill

Designhill adalah marketplace yang digunakan untuk cara menjual desain online yang Anda punyai. Di dalam website ini, banyak para desainer dan pemilik bisnis berkumpul untuk menciptakan karya desain terbaik.

Ada berbagai macam jenis desain yang berkualitas bisa ditemukan dalam marketplace ini seperti desain logo, brosur, kartu nama, custom mug, custom desain baju, dan masih banyak yang lainnya.

Selain menjual desain Anda, disini Anda juga bisa mengikuti kontes desain yang diadakan oleh pemilik bisnis atau klien. Jika berhasil menang, Anda bisa mendapatkan hadiah uang, selain menjual karya Anda.

2. Etsy

Jika Anda memiliki keterampilan dalam membuat desain kerajinan tangan, maka Etsy adalah pilihan yang tepat. Cara menjual desain online dengan menggunakan Etsy ini terbilang cukup ketat karena adanya seleksi yang dilakukan oleh Pihak Etsy sebelum Anda dapat mengunggah karya Anda di website tersebut.

Oleh sebab itu, tidak heran jika dalam website ini hanya menjual desain yang memiliki kualitas tinggi dan cenderung ke kerajinan tangan. Untuk itu, fotolah desain sebaik mungkin dan perhatikan keorisinalitasan dari karya Anda.

Dalam situs ini, harga daftar itemnya adalah $0.20 selama empat bulan.

Baca juga : Pentingnya Desain Kemasan Produk bagi Bisnis

3. TemplateMonster Digital Marketplace

Cara menjual desain online selanjutnya yaitu menggunakan situs TemplateMonster Digital Marketplace. Disini, Anda dapat memamerkan dan menjual koleksi desain grafis Anda mulai dari pola, background, font, ikon, ilustrasi, dan item lainnya.

Keuntungan dari menggunakan platform ini adalah customer dan klien yang ada dalam jaringan ini sangat besar yaitu sekitar 2 juta orang sehingga desain Anda berpeluang untuk cepat laku.

Selain itu, situs ini menawarkan komisi sebesar 65% untuk semua desainer grafis baik yang menjual barang ekslusif atau non-eksklusif.

4. Redbubble

Redbubble juga platform jualan desain bagi desainer yang memiliki berbagai macam kategori.

Kategori tersebut contohnya seperti, stationery, gifts, stickers, dll. Anda bisa menjual berbagai aneka desain untuk dipasang di Redbubble baik berupa desain abstrak, font, dan gambar ilustrasi lainnya.

Di Redbubble, Anda juga memiliki keuntungan dapat terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia karena trafik organiknya pada situs ini cukup tinggi.

5. Art Web

Cara menjual desain online lainnya adalah menggunakan Art Web sebagai situs e-commerce Anda. Art Web adalah platform yang menyajikan website jualan foto, digital downloads, seni, desain grafis, prints, ilustrasi, lukisan, desain sablon baju, dsb.

Website ini sangat membantu desainer untuk menghasilkan uang dan Anda juga dapat membangun jaringan yang kuat dengan sesama seniman.

Keunggulan dari website ini adalah Anda tidak dikenakan biaya komisi. Jika Anda masih baru menggunakan Art Web, cara menjual desain online di situs ini bisa menggunakan paket gratis yang memberikan Anda akses ke galeri.

6. Design Cuts

Menjual Design Online lewat Designcuts
Menjual Design Online lewat Designcuts | Src : templatemonster.com

Website yang satu ini adalah website jualan foto, ilustrasi, ikon, infografis, tekstur, dll kepada pembeli dengan diskon yang besar. Website ini berbasis komunitas dimana Anda dapat menjual desain yang berkualitas dengan harga yang menarik.

Hanya desainer terbaiklah yang diizinkan untuk menjual karyanya di Design Cuts. Untuk itu, pastikan karya Anda benar-benar berkualitas sehingga Anda bisa memanfaatkan situs yang memiliki pelanggan yang besar dan setia ini.

7. Threadless

Di Threadless, Anda dapat menjual desain Anda sendiri secara online dan gratis. Website ini juga dijadikan sebagai tempat komunitas para seniman yang dapat memberikan suaranya untuk karya Anda.

Komentar yang positif dari mereka, tentu saja akan membantu dalam promosi sehingga meningkatkan penjualan karya Anda.

8. Zazzle

Zazzle adalah marketplace yang sangat direkomendasikan untuk menjadi tempat jualan desain Anda. Di situs ini ada berbagai jenis desain yang bisa Anda jelajahi yang dibuat oleh para desainer yang berkualitas.

Misalnya untuk website jualan foto, poster, T-shirt, kartu nama, kalender, perangko, tas jinjing, dsb. Anda juga bisa menjadi salah satu desainer tersebut dengan melakukan pendaftaran. Situs ini bisa Anda akses dan membuat toko online desain Anda sendiri secara gratis.

9. MyFonts

Sesuai dengan namanya, website ini menjadi pilihan ideal bagi Anda yang ingin menjual font menarik hasil karya sendiri. Di website ini dapat memberikan Anda pelanggan potensial yang mencari berbagai jenis font unik.

MyFonts juga menawarkan koleksi font tertentu yang bisa dicari dengan memasukkan kata kunci di kolom pencarian.

10. Not On The High Street

Website ini adalah platform lain yang dijadikan sebagai tempat menjual karya desain Anda secara online.

Pelanggan yang ada dalam situs ini sangat besar yakni mencapai 2 juta orang tiap bulannya. Dalam menjual desain di dalam situs ini, Anda harus menjelajahinya untuk melakukan survey harga dan menetapkan harga jual yang wajar pada karya desain yang dibuat.

Baca juga : Cara Berbisnis Baju Desain Sendiri

11. Design By Humans

Apakah Anda seorang illustrator? Jika ya, maka Anda bisa menjual koleksi Anda di situs ini. Situs ini adalah komunitas dengan lebih dari 15 ribu desainer dari seluruh dunia.

Anda dapat menemukan produk desain mug, kaos, poster, casing Hp, font, serta bisa juga untuk website jualan foto desain.

Selain itu, jika Anda seorang desainer kaos, Anda bisa memasang desain tersebut di situs dan langsung menjualnya. Bisa juga membuat etalase khusus untuk karya Anda dalam situs ini.

12. Society 6

Society 6 adalah situs yang populer dan menjanjikan untuk website jualan design terbaik Anda. Keuntungan yang didapat dari situs ini adalah tidak membatasi jumlah desain yang ingin dijual serta penggunaannya yang mudah.

Situs ini akan memproduksi dan mengirimkan produk kepada pelanggan atas nama Anda. Jadi, tugas Anda hanya mendesain dan menjualnya, sedangkan untuk bagian pemasaran dan produksi ditangani oleh situs ini.

13. Creative Market

Situs lain yang populer adalah Creative Market. Di situs ini, Anda bisa membuka toko online desain sendiri. Namun, Anda harus memenuhi kualifikasi situs dengan mengirim portofolio agar bisa lolos seleksi.

Itulah cara menjual desain online paling menguntungkan dengan memanfaatkan beberapa website jualan design di atas yang bisa kami bagikan. Jika ada saran atau Anda memiliki sesuatu yang ingin didiskusikan, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ya.


Semoga bermanfaat!

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.