Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


Yuk Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual!

3 min read

Jurusan Desain Komunikasi Visual
Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual | ©Unsplash.com

Bagi Anda yang berada di masa-masa semester akhir SMA, memilih jurusan adalah suatu kewajiban. Tentu Anda akan memikirkan secara matang jurusan apa yang Anda pilih.

Ada beragam jurusan yang masih asing di telinga kita sehingga kita penasaran untuk mengetahui.

Salah satunya adalah jurusan desain komunikasi visual. Banyak yang masih belum paham dan mengenal betul tentang jurusan yang satu ini.

Bahkan, seringkali jurusan desain komunikasi visual disamakan dengan jurusan desain lainnya seperti desain grafis atau animasi.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, mari kita mengenal pengertian desain komunikasi visual dan informasi penting lainnya sebelum Anda memutuskan apakah jurusan ini termasuk dalam passion Anda. Langsung saja kita simak!

Pengertian Desain Komunikasi Visual

Pengertian Desain Komunikasi Visual adalah cabang ilmu desain yang mempelajari tentang bagaimana caranya berkomunikasi dimana komunikasi tersebut disampaikan secara visual di media tertentu dan untuk tujuan tertentu.

Tujuan tersebut diantaranya yaitu sebagai informasi ataupun untuk persuasi atau mempengaruhi perilaku seseorang.

Desain komunikasi visual juga disebut sebagai perpaduan antara seni desain tradisional yang menggunakan pensil dan kertas dengan teknologi digital.

Sebagai sebuah ilmu, desain komunikasi visual atau yang disingkat dengan DKV tidak hanya berdasarkan ilmu desain saja, tapi juga termasuk dalam cabang ilmu lainnya seperti komunikasi, psikologi, dan seni rupa.

Dengan demikian, pengertian jurusan desain komunikasi visual adalah pencampuran dari berbagai ilmu dengan ilmu desain sebagai dasarnya. Selain itu, bisa dikatakan juga bahwa desain komunikasi visual adalah sama dengan kuliah di jurusan desain grafis ditambah ilmu komunikasi.

Baca jugaCari Ide Membuat Logo? Kepoin Akun-Akun IG Ini!

Yang Dipelajari Dalam Desain Komunikasi Visual

Setelah Anda mengetahui pengertian desain komunikasi visual, pertanyaan berikutnya yang sering dilontarkan adalah apa yang dipelajari dalam desain komunikasi visual?

Sesuai pengertiannya, sebenarnya yang dipelajari dalam desain komunikasi visual tidak jauh dari dasar-dasar ilmu desain. Contohnya, seperti menggambar fotografi, ilustrasi, tipografi, sejarah desain, dsb.

Di dalam jurusan ini, biasanya juga ada 3 pembidangan lagi yang akan dipiih ketika Anda sudah mencapai semester 6. Ketiga pembidangan dalam desain komunikasi visual adalah komunikasi grafis, visual periklanan, dan komunikasi multimedia.

Dengan adanya penjurusan tersebut, maka ilmu yang dipelajari juga akan lebih khusus dan Anda yang masuk diantara pembidangan tersebut dapat lebih ahli dibidangnya. Lalu apa saja perbedaan ketiga bidang tersebut? Berikut informasinya:

  • Komunikasi Grafis: Anda akan mendapatkan mata kuliah khusus yaitu: desain grafis tingkat lanjut, perspektif desain grafis, grafis portofolio, dsb.
  • Visual Periklanan: Anda akan mendapatkan mata kuliah tambahan yang khusus untuk bidang ini untuk memperdalam keilmuan, yaitu: komunikasi visual tingkat lanjut, visual branding, tata kelola bisnis periklanan, dan berbagai hal yang berkaitan dengan visual iklan.
  • Komunikasi Multimedia: Akan ada mata kuliah khusus seperti: komunikasi visual multimedia tingkat lanjut, media interaktif, videografi, dsb.

Dari jurusan DKV ini, selain mata kuliah wajib, Anda juga bisa mengambil mata kuliah peminatan yang membantu dalam penelitian tugas akhir atau karena ingin menambah sks sesuai dengan minat dari mahasiswanya.

Mata kuliah peminatan tersebut contohnya seperti: psikologi sosial, psikologi persepsi, game desain, grafis eksperimental, dsb.

Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual

Anda tidak perlu khawatir mengenai prospek kerja desain komunikasi visual. Jurusan ini, memiliki prospek kerja yang bagus sehingga banyak para lulusannya yang mudah diterima kerja.

Hal tersebut disebabkan karena berkembangnya teknologi saat ini, menyebabkan banyaknya perusahaan di bidang industri kreatif dan banyak pula perusahaan lainnya yang membutuhkan orang yang ahli desain komunikasi visual untuk memajukan perusahaannya.

Contoh pekerjaan dalam desain komunikasi visual ini yaitu menjadi biro periklanan, bekerja di perusahaan game, production house, stasiun televisi, perusahaan percetakan dan penerbitan, konsultan desain, seksi hubungan masyarakat di suatu perusahaan, dsb.

Ada juga graphic designer yang merupakan salah sau pilihan utama karir bagi lulusan jurusan ini. Lapangan pekerjaan tersebut cukup luas karena banyak perusahaan membutuhkan promosi sebagai branding dengan desain gambar yang bagus dan nyaman dilihat. Adapun pendapatan dari pekerjaan tersebut sekitar 4-5 juta/bulan.

Selain bekerja di perusahaan, Anda bisa menjadi seorang wirausahawan atau bekerja sebagai freelance untuk desainer komunikasi visual.

Hal Penting Sebelum Memilih Jurusan DKV

Sebelum Anda memilih jurusan ini, Anda harus pastikan apakah kemampuan Anda sudah cocok untuk masuk jurusan ini.

Anda sebelumnya harus mengetahui teknik-teknik dasar dalam menggambar karena pada semester awal biasanya Anda akan dihadapkan oleh tugas manual seperti nirmana, gambar tiga titik hilang, komik, tipografi, ilustrasi, dsb.

Untuk itu, akan lebih baik jika Anda memiliki bakat atau basic dalam menggambar supaya nantinya Anda tidak kesulitan untuk mengikuti mata kuliah dalam jurusan ini.

Kedua, hal yang harus diperhatikan dalam masuk jurusan ini yaitu Anda harus pintar mengatur keuangan.

Untuk belajar di jurusan ini, Anda juga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit karena digunakan untuk membeli peralatan seperti macam-macam jenis pensil, drawing pen, buku gambar berbagai ukuran, cat poster, hingga kamera.

Namun, alat-alat tersebut bisa Anda jadikan modal untuk mendapatkan pekerjaan desain sampingan saat kuliah yang bisa Anda temukan dengan mudah sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan dan menutupi pengeluaran.

Terakhir, selain menggambar manual, jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki basic di bidang perangkat lunak desain grafis, fotografi, videografi, serta animasi yang berkaitan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Buku Desain Komunikasi Visual

Dalam mengikuti mata kuliah desain komunikasi visual, Anda dapat belajar menggunakan referensi buku desain komunikasi visual yang tersedia di e-book atau toko buku.

Buku desain komunikasi visual saat ini dapat kita temukan bukan hanya berasal dari luar negeri, tetapi juga ada yang berasal dari Indonesia sehingga untuk bahasanya akan mudah kita mengerti. Contoh buku desain komunikasi visual sebagai referensi belajar dalam perkuliahan ini yaitu:

  • Buku “Desain Komunikasi Visual Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula

Penulis: Lia Anggraini S./Kirana Nathalia cocok digunakan bagi pelajar dan mahasiswa semester awal yang menekuni bidang desain. Hal ini karena buku ini menjelaskan dasar-dasar desain dengan sederhana dan visualisasi yang baik.

  • Buku “Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi

Penulis: Rakhmat Supriyono yang memaparkan secara detail mengenai jagat desain komunikasi visual, tipografi, ilustrasi, elemen desain grafis, dsb.

Baca jugaIngin Desain Rumah Gratis? Gunakan 10 Website Ini!


Demikian penjelasan mengenai jurusan desain komunikasi visual yang harus Anda ketahui.

Bagaimana? Apakah Anda mulai tertarik untuk masuk jurusan ini? Semoga bermanfaat ya!

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *