Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


13 Jenis Kain untuk Jersey Bola yang Wajib Diketahui

3 min read

Jenis Kain untuk Jersey Bola
Jenis Kain untuk Jersey Bola Terbaik | ©Unsplash.com

Bila Anda seorang pengusaha konveksi dan ingin membuat baju untuk sepak bola, maka harus tahu beragam jenis kain jersey.

Masing-masing kain bahan jersey tentu punya karakter dan harga berbeda. Berikut ini, kami sediakan contoh kain jersey dengan detail karakternya sebagai panduan Anda memilih bahan.

Kriteria Kain Bahan Jersey yang Bagus

Kalau Anda pergi ke toko kain, pasti dihadapkan dengan banyaknya pilihan jenis kain jersey. Harganya pun beragam. Bingung?

Untuk pemula, biasanya memang menemukan kesulitan memilih. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ikuti saja kriteria kain bahan jersey yang bagus berikut ini:

  • Tidak panas saat dikenakan. Jenis kain jersey yang bagus adalah dapat memantulkan sinar matahari sehingga tidak panas ketika dipakai.
  • Menyerap keringat. Kain bahan jersey berkualitas biasanya memiliki pori-pori yang cukup sehingga mampu menyerap dan membuang keringat.
  • Halus. Coba sentuh bahan jersey sebelum membeli. Bandingkan dengan jenis lainnya dan dapatkan bahan kain yang paling halus.
  • Ringan. Kain bahan jersey yang baik adalah ringan saat dipegang dan dikenakan.
  • Tidak kusut. Anda bisa sedikit meremas ketika hendak membeli kain bahan jersey. Lihatlah! Apakah kain tersebut mudah kusut? Pilih kain yang tidak mudah kusut karena menunjukkan kualitas bahan yang bagus.
  • Lentur. Kain jersey yang baik terasa lentur ketika dipegang. Kalau kainnya kaku, maka biasanya akan terasa panas saat dipakai.
  • Mudah kering. Ciri jenis kain jersey yang baik adalah mudah dibersihkan dan dikeringkan.
  • Warnanya awet. Nah, masalah warna ini juga menunjukkan kualitas kain. Kain jersey yang bagus tidak akan luntur meski dicuci berulang kali.

Tidak semua orang membeli kain jersey dengan kualitas terbaik. Kadang, pemilik konveksi sengaja menurunkan kualitas kain yang dibelinya untuk disesuaikan dengan harga pesanan.

13 Jenis Kain Jersey yang Umum Digunakan di Indonesia

Nah, berikut ini kami rangkumkan jenis kain jersey dengan ragam karakternya untuk referensi.

1. Drifit Mtiis

Drifit mtiis merupakan jenis kain jersey yang bagus. Kain ini terbukti dapat menyerap keringat dengan baik sehingga tidak panas ketika dipakai. Kelebihan lainnya adalah terasa lembut dan ringan sehingga nyaman di kulit.

Kain bahan jersey drifit mtiis ini memiliki pori-pori yang bentuknya zig-zag. Banyak orang yang sudah membuktikan kualitas warna pada contoh kain jersey ini. Selaras dengan kualitasnya yang unggul, harganya juga lebih mahal dibanding jenis lain.

Baca juga : Usaha Desain Grafis

2. Drifit Nike

Jenis kain jersey drifit nike ini terasa ringan dan mudah dilipat. Sama dengan jersey drifit mtiis, kain ini juga berpori dengan bentuk pori seperti lubang jarum. Adanya pori-pori itu membuatnya mudah menyerap keringat.

Kain bahan jersey drifit nike adalah jenis yang paling banyak dipakai di Indonesia karena selain menyerap keringat, juga ringan, mudah dibersihkan dan dikeringkan.

Bahan ini juga banyak tersedia dengan harga yang lebih terjangkau dibanding jenis sebelumnya.

3. Drifit Ferrari

Kelebihan jenis kain jersey ferrari adalah memiliki pori-pori yang lebih rapat dan bersifat lebih elastis sehingga bisa sangat melar.

Meskipun pori-porinya rapat, namun kain ini mampu menyerap keringat dengan baik dan terbukti lembut.

4. Drifit MU

Jenis kain jersey drifit MU ini punya karakter serupa dengan drifit jenis lain, yaitu ringan, lembut, menyerap keringat, halus, dan warnanya awet. Hal yang paling menonjol adalah motifnya yang menyerupai sisik ikan.

Dari semua jenis jersey yang ada, kain bahan jersey drifit MU adalah yang paling banyak dipakai untuk atlet sepak bola maupun penggemarnya.

5. Drifit Sulkul

Drifit sulkul lebih banyak dipakai untuk bahan kaos olahraga secara umum karena teksturnya yang lembut dan dingin ketika dipakai.

6. Drifit Jala Erbin

Sama dengan drifit nike, jenis kain jersey ini juga memiliki pori-pori seperti lubang jarum. Selain menyerap keringat dan awet, contoh kain jersey ini memiliki tekstur sangat lembut sehingga pas untuk melakukan olahraga di luar ruangan.

7. Drifit Smash

Anda sering mengeluarkan bau tak sedap saat berolahraga? Itu disebabkan jenis kain yang kurang menyerap keringat sehingga banyak bakteri berkembangbiak. Bila produksi keringat Anda berlebih, maka pilihlah kaos olahraga dari kain bahan jersey drifit smash.

Drifit smash bukan hanya mampu menyerap keringat saat berolahraga, tapi juga membunuh bakteri yang menyebabkan bau tak sedap. Kelebihan lainnya adalah bisa menangkal sinar UV sehingga bagian kulit yang tertutup baju tidak menghitam karena terbakar.

8. Drifit Wave

Jenis kain jersey selanjutnya adalah drifit wave yang juga memiliki kemampuan menangkal sinar ultraviolet sehingga tidak panas saat dipakai. Karena bersifat antibakteri, maka Anda tak perlu khawatir dengan bau tak sedap saat berolahraga.

9. Drifit Rabbit

Kain ini juga menangkal sinar UV dan bakteri, anti kusut, mudah dicuci dan warnanya awet. Hal yang membedakan antara drifit smash, wave dan rabbit adalah coraknya.

10. Polymesh atau Wafer

Disebut kain wafer karena memang memiliki tekstur mirip dengan wafer. Kain bahan jersey ini cukup elastis sehingga tidak membatasi pergerakan Anda ketika berolahraga.

11. Hyget Super

Jenis kain jersey hyget super lebih tebal dibanding jenis kain drifit. Namun, kain ini masih mampu untuk menyerap keringat.

Kelebihan dari kain hyget super adalah permukaannya menghilap dan tidak mudah kusut. Kalaupun tidak disetrika masih tetap terlihat rapi.

12. Serena

Kain serena ini memiliki sifat dingin dan elastis sehingga nyaman dipakai. Berbeda dengan drifit yang ringan dan tipis, jenis kain jersey serena lebih tebal.

Bagi sebagian justru nyaman dengan ketebalannya, tapi sebagian lagi merasa kurang nyaman.

13. Lotto

Jenis kain jersey ini memiliki ketebalan setara dengan katun biasa. Cukup ringan dan lembut saat dikenakan. Apalagi, contoh kain jersey ini juga sangat elastis sehingga nyaman dikenakan oleh orang yang memiliki berat badan berlebih.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Baju Desain Sendiri


Demikian pembahasan tentang jenis kain jersey yang banyak dipakai untuk bahan baju olahraga. Masing-masing contoh kain jersey memang memiliki karakter yang berbeda.

Namun, sebagian besar kain bahan jersey punya sifat menyerap keringat, ringan dan lembut. Hanya ketebalan, bentuk pori, motif, dan elastisitasnya saja yang beragam.

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *