Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


6 Alasan Tepat Memilih Jurusan Desain Grafis

3 min read

Alasan Memilih Jurusan Desain Grafis
Alasan Memilih Jurusan Desain Grafis | ©Unsplash.com

Apakah Anda punya cita-cita menjadi desainer grafis? Apa alasan memilih jurusan desain grafis? Untuk memantapkan langkah memasuki kuliah desain grafis, sebaiknya simak dulu beberapa alasan penting seseorang memilih jurusan desain grafis.

Memilih jurusan setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas tidak selalu mudah. Pasalnya, banyak siswa yang kurang mengerti tentang kelebihan yang dimilikinya sehingga asal saja dalam memilih jurusan.

Ada banyak hal yang dipertimbangkan oleh siswa ketika memilih jurusan, misalnya jumlah lapangan pekerjaan, jenis ilmu yang dipelajari, atau sekadar ikut-ikutan kebanyakan orang. Padahal, jurusan yang Anda pilih saat ini sangat menentukan masa depan.

Salah satu jurusan yang dewasa ini banyak diminati adalah desain grafis. Bila ditanya, banyak alasan memilih jurusan desain grafis yang dikemukakan oleh calon mahasiswa. Namun, apakah mereka semua sebenarnya cocok dengan jurusan yang saat ini terdengar keren ini?

Bila melihat perkembangan dunia digital sekarang ini, memang sepertinya desainer grafis banyak dibutuhkan. Artinya, peluang kerja di bidang tersebut terbuka lebar.

Namun, apakah selalu demikian untuk setiap orang?

Bila alasan memilih jurusan desain grafis hanya karena luasnya lapangan kerja, maka hal ini dirasa kurang tepat.

Seperti halnya jurusan lain, seorang desainer grafis juga perlu memiliki syarat-syarat tertentu untuk sukses. Salah satu syaratnya adalah kreatif.

Nah, apakah Anda termasuk orang yang kreatif dan punya kepekaan terhadap gambar? Bila jawabannya adalah “tidak”, maka sebaiknya lupakan cita-cita menjadi desain grafis. Mengapa? Jurusan itu justru akan menyulitkan langkah Anda untuk sukses.

6 Alasan Memilih Jurusan Desain Grafis saat Kuliah

Agar Anda tidak salah mengambil jurusan, sebaiknya perhatikan alasan tepat memilih jurusan desain grafis berikut ini. Koreksi diri Anda apakah salah satu alasan berikut yang mendasari minat untuk mempelajari desain grafis?

1. Anda adalah orang yang kreatif

Tidak semua orang terlahir dengan kepekaan terhadap seni. Perlu diketahui bahwa jurusan desain grafis mengajarkan seni yang komplek dan aplikatif. Anda tidak hanya dituntut untuk mampu membuat gambar, namun juga harus memiliki kesan yang menarik.

Bila alasan memilih jurusan desain grafis hanya karena peluang kerjanya luas, maka koreksi dulu apakah kemampuan seni dan kreativitas Anda dalam gambar dua dimensi cukup memadai?

Bila tidak, maka dipastikan Anda akan kalah dengan orang-orang yang punya kepekaan seni tinggi di bidang ini.

Baca : Jurusan DKV Universitas Negeri? Disini Info Kampusnya!

2. Sudah memiliki dasar-dasar ilmu desain

Alasan memilih jurusan desain grafis yang tepat lainnya adalah Anda telah memiliki dasar-dasar ilmu desain. Asal ilmu tersebut bisa dari orang tua, belajar autodidak, atau jurusan di sekolah menengah kejuruan.

Bila Anda memang pernah belajar dasar-dasar desain dan tertarik untuk memperdalam ilmu tersebut, maka alasan memilih jurusan desain grafis sudah sangat tepat.

3. Memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan menggambar

Mungkin Anda sudah punya pekerjaan yang ada kaitannya dengan dunia desain, misalnya sebagai ilustrator. Anda ingin mengembangkan kemampuan dalam bidang desain sehingga mengambil jurusan desain grafis.

Alasan memilih jurusan desain grafis di atas juga sudah tepat. Artinya, Anda sudah punya dasar ilmu desain, skil dan sekaligus pekerjaan di bidang desain. Dengan demikian, cita-cita menjadi desain grafis bukan angan-angan saja.

4. Suka

Banyak orang sukses pada bidang tertentu padahal sebelumnya tidak pernah mempelajarinya sama sekali. Orang ini gigih dan berjuang keras untuk menjadi desainer hanya karena sangat menyukai bidang tersebut.

Alasan memilih jurusan desain grafis seperti ini juga patut dipertimbangkan. Bila Anda memang betul-betul menyukasi desain, tertarik dan ingin bisa melakukannya, maka ambillah jurusan tersebut. Rasa suka Anda pada desain akan mengantarkan kesuksesan di masa depan.

Tapi, Anda juga perlu melihat lagi apakah benar-benar tertarik dengan dunia desain grafis atau hanya kesukaan sesaat? Kadang, orang menyukai suatu hal karena keterpukauan saja. Setelah benar-benar digeluti baru merasa bukan bidang yang cocok dengan minatnya.

Semoga, cita-cita menjadi desain grafis yang Anda miliki bukan keinginan sesaat. Pasalnya, menjadi seorang profesional desainer perlu perjuangan dan waktu yang panjang. Bila keinginan itu bukan hal yang serius, sebaiknya dipertimbangkan lagi.

5. Melengkapi ilmu yang dimiliki saat ini

Ilmu desain grafis memang punya kaitan dengan bidang-bidang keilmuan yang lain seperti ilmu kepenulisan dan sastra, teknologi informatika, dan marketing.

Bisa jadi, seseorang telah memiliki bidang keilmuan tertentu, kemudian ingin melengkapi ilmu yang dimiliki saat ini. Contohnya, seorang website developer ingin mempelajari lebih dalam tentang desain grafis agar bisa membuat web desain yang bagus.

Contoh lain, Anda seorang yang bekerja di bidang advertising. Lalu, untuk melengkapi kemampuan diri, maka belajar desain grafis. Tujuannya supaya bisa membuat produk-produk iklan yang sesuai dengan keinginan tanpa harus membayar desainer.

6. Ingin memiliki perusahaan desain

Alasan memilih jurusan desain grafis yang satu ini juga bagus. Jadi, Anda tidak hanya bercita-cita menjadi seorang pekerja desain, namun menciptakan lapangan kerja di bidang tersebut.

Cita-cita menjadi desain grafis yang mandiri biasanya telah dipertimbangkan dengan matang, bukan suatu keinginan sesaat atau bahkan ikut-ikutan saja.

Itulah enam alasan tepat memilih jurusan desain grafis. Namun di sisi lain kami juga ingin memberikan himbauan dan saran kepada Anda mengenai jurusan desain grafis ini.

Tidak sema orang cocok mengambil jurusan satu ini.

4 Alasan Mengapa Jangan Memilih Jurusan Desain Grafis

Yap, sebaliknya, pertimbangkan kembali bila alasan memilih jurusan desain grafis adalah beriktu ini:

  • Ingin cepat bekerja.

Perlu Anda ketahui bahwa dunia kerja memerlukan orang-orang yang profesional. Untuk mendapatkan pekerjaan pun harus bersaing dengan banyak orang. Oleh karena itu, bila alasan memilih jurusan desain grafis semata-mata untuk mencari pekerjaan, sebaiknya dipertimbangkan kembali.

  • Terlihat keren.

Menyandang profesi sebagai desainer grafis memang keren. Tapi, pikirkan kembali apakah Anda benar-benar memiliki skil di bidang tersebut?

  • Kuota banyak.

Nah, kesalahan besar seorang calon mahasiswa dalam memilih jurusan hanya karena ingin diterima di universitas tertentu. Dia tidak mempertimbangkan apakah jurusan yang dipilih sesuai dengan dirinya atau tidak.

  • Ikutan teman.

Ternyata ada diantara calon mahasiswa yang niat mengambil jurusan hanya karena ikutan temannya. Nah, kalau alasan ini yang Anda miliki, sebaiknya dipikirkan kembali.

Baca juga : Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual


Sekian pembahasan tentang enam alasan memilih jurusan desain grafis yang tepat. Sekarang, masih punya cita-cita menjadi desain grafis? Kalau begitu, persiapkan diri agar bisa diterima di univertas yang Anda inginkan.

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *