Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


Jurusan DKV Universitas Negeri? Disini Info Kampusnya!

3 min read

Jurusan DKV Universitas Negeri
Jurusan DKV Universitas Negeri | ©Unsplash.com

DKV atau Desain Komunikasi Visual adalah cabang ilmu desain yang mempelajari tentang bagaimana berkomunikasi menggunakan media tertentu. DKV saat ini mulai banyak dikenal oleh masyarakat.

Hal ini dibuktikan dengan mumculnya universitas negeri yang ada jurusan DKV di Indonesia sehingga Anda yang memiliki kemampuan di bidang tersebut dapat menyalurkan dan memperdalam kemampuan di bangku perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Walaupun belum terlalu banyak, jurusan DKV universitas negeri di Indonesia ada yang memiliki akreditasi terbaik. Selain itu, para lulusan DKV juga memiliki prospek kerja yang baik. Lalu apa saja jurusan DKV universitas negeri yang bisa Anda masuki? Berikut info kampusnya!

Perbedaan Desain Grafis dengan DKV

Selain universitas negeri dengan jurusan DKV, jurusan yang memiliki kesamaan yaitu jurusan desain grafis. Jurusan desain grafis di universitas negeri seringkali disamakan dengan DKV, padahal keduanya mempunyai perbedaan.

Jika di DKV lebih mengarah pada konsep cara penyampaian pesan (komunikasi) secara visual, maka jurusan desain grafis di universitas negeri lebih mengarah pada teknik penataan elemen desain.

Dapat disimpulkan bahwa DKV adalah perluasan dari jurusan desain grafis. Sedangkan desain grafis adalah bagian dari DKV.

Oleh karena itu, beberapa perguruan tinggi ada yang mengubah nama program studi yang semula desain grafis menjadi DKV atau menambah jurusan DKV ini karena kurikulumnya yang lebih kompleks.

Namun, ada juga jurusan desain grafis universitas negeri maupun swasta yang masih memakai nama tersebut sesuai dengan kurikulumnya. Contoh jurusan desain grafis di universitas negeri dan swasta tersebut seperti:
• Universitas Widyatama program D4 yang terakreditasi B.
• Universitas Sains dan Teknologi Komputer (STEKOM) S1 terakreditasi B.
• Politeknik Negeri Media Kreatif Program Studi D3 terakreditasi B.
• Politeknik Negeri Jakarta Program studi sarjana terapan Desain Grafis D3 terakreditasi C.
• Universitas Brawijaya D4 Desain Grafis terakreditasi B.
• Universitas Negeri Surabaya D3 Desain Grafis terakreditasi A.
• Dsb.

Jurusan DKV Universitas Negeri

Universitas negeri yang ada jurusan DKV di bawah ini hanyalah sebagian PTN saja yang memiliki akreditasi yang baik. Selain itu, masih bisa Anda temukan PTN lainnya. Langsung saja, ini dia daftar PTN-nya!

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan DKV di ITB memiliki sejarah yang panjang dan mengalami pergeseran nama karena pemaknaan DKV yang lebih khusus lagi. Awalnya dibentuk Studio Grafis pada jurusan seni rupa tahun 1967 dimana pada saat itu kurikulum desain dan seni masih bersatu.

Lalu, pada tahun 1973 berubah menjadi Seni Grafis dan Desain Grafis. Hingga pada tahun 2006, terbentuklah program studi Desain Komunikasi Visual langsung di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Untuk jurusan ini, di ITB Anda akan mendapatkan fasilitas berupa laboratorium fotografi, laboratorium multimedia digital, dan fasilitas kelas studi. Adapun untuk akreditasi jurusan ini yaitu A yang berlaku sampai 2022.

Baca jugaBegini Sejarah DKV yang Perlu Anda Ketahui!

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Program studi ini muncul pada tahun 2000 namun hanya sebagai prodi peminatan. Kemudian, pada tahun 2018, jurusan DKV ini resmi menjadi jurusan yang mandiri.

Karena PTN ini adalah institut pendidikan tinggi yang berbasis teknologi, maka jurusan DKV ITS berfokus pada bidang teknologi dan kebudayaan lokal.

Jurusan ini ada di naungan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital yang merupakan program sarjana (S1) dengan akreditasi B (Baik).

Melalui jurusan ini, mahasiswanya akan mendapatkan fasilitas berupa laboratorium, ruang baca, dan studio fotografi.

3. Institut Seni Indonesia (ISI)

PTN ini bertempat di Denpasar dan termasuk universitas negeri yang ada jurusan DKV dengan akreditasi A oleh BAN-PT pada 2017 lalu sehingga tidak diragukan lagi menjadi salah satu jurusan DKV yang terbaik.

Selain itu, mahasiswa DKV di PTN ini terbukti banyak mendapatkan prestasi. Salah satu contoh yaitu kemenangan lima besar karya terbaik pada ajang Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia (KMDGI) XIII Tahun 2019 lalu.

4. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Di Semarang, Anda dapat menukan PTN terfavorit untuk jurusan DKV. Universitas negeri dengan jurusan DKV tidak lain adalah Unnes.

Di Unnes, Anda akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan teori mengenai DKV serta prakteknya yang dilakukan di kelas ataupun di laboratorium dan di studio praktikum kesenirupaan.

5. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Universitas negeri dengan jurusan DKV yang memiliki akreditasi A adalah Universitas Negeri Sebelas Maret. Jurusan DKV di Universitas ini termasuk dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Sama dengan PTN lainnya, beberapa mata kuliah jurusan DKV yang ditawarkan seperti filsafat seni, estetika, fotografi, ilustrasi, hingga animasi. Para lulusannya juga sudah terbukti memiliki pekerjaan yang baik seperti menjadi animator, fotografer, desainer, dsb.

6. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang sudah kita ketahui bersama sebagai universitas terkemuka dan terkenal. Mahasiswanya tidak hanya berasal dari dalam daerah tapi juga banyak dari luar daerah. UM juga turut termasuk jurusan DKV universitas negeri yang memiliki akreditasi A.

Jurusan tersebut merupakan bagian dari Fakultas Sastra yang sudah dibuka pada tahun 2000 sehingga usia jurusan ini sudah cukup matang dan teruji.

Baca jugaYuk Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual!

Jurusan DKV Universitas Swasta

Selain jurusan DKV Universitas Negeri, Anda juga bisa menemukan jurusan DKV ini di perguruan tinggi swasta. Bahkan jurusan DKV di universitas swasta banyak Anda temukan dibandingkan dengan jurusan DKV Universitas negeri.

Jurusan DKV untuk universitas swasta Indonesia di antaranya adalah:

  1. Telkom University
  2. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)
  3. Bina Nusantara (BINUS)
  4. Universitas Trisakti
  5. Institut Teknologi Nasional
  6. Universitas Komputer Indonesia (Unikom)
  7. Universitas Tarumanegara (Untar)
  8. Universitas Pelita Harapan (UPH)
  9. Institut Teknologi Harapan Bangsa Bandung
  10. Universitas Esa Unggul
  11. Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI)

Itulah jurusan DKV universitas negeri beserta jurusan desain lainnya yang ada di Indonesia.

Tentunya, jika Anda tertarik dengan jurusan tersebut Anda harus mempersiapkannya dari sekarang supaya bisa masuk salah satu perguruan tinggi yang Anda dambakan. Semoga bermanfaat!

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *