Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


25 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word Wajib Diketahui

3 min read

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word
Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word | Src : Unsplash.com

Siapa yang tidak kenal dengan software Microsoft Word yang satu ini? Ya, Microsoft Word sudah dikenal sejak lama dan digunakan untuk membuat dan mengolah dokumen secara mudah dan cepat sehingga menjadi primadona hingga sampai saat ini.

Banyak dokumen yang bisa dibuat dalam Microsoft Word seperti laporan ilmiah, tugas sekolah, artikel, dsb. Dari berbagai macam dokumen tersebut, dapat dikatakan bahwa Microsoft Word memiliki peran yang besar dalam kemudahan teknologi yang diberikan untuk manusia.

Selain berbagai manfaat tersebut, terdapat kelebihan dan kekurangan Microsoft Word yang menjadi ciri khasnya.

Untuk itu, pada ulasan kali ini, kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Microsoft Word yang wajib Anda ketahui. Mari kita simak bersama!

Sejarah Singkat Microsoft Word

Sebelum Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan Microsoft Word Anda perlu mengetahui sejarahnya agar lebih mengenal software yang memiliki segudang manfaat ini. Aplikasi Microsoft Word ini baru dirilis pada tahun 1983 tepatnya di tanggal 23 Oktober.

Pada saat itu, nama aplikasi ini dinamakan dengan Multi-Tool Word dan pengaplikasiannya masih terbatas karena hanya bisa dijalankan di sitem operasi Xenix.

Selanjutnya terjadi perkembangan yang signifikan dengan ditandai dengan bergabungnya Multi-Tool Word ke Microsoft Office System 2003 sehingga pada tahun 2007 berganti nama menjadi Microsoft Word. Kini, aplikasi ini bisa dijalankan di sistem Windows dan Mac Os yang terkenal hingga sampai saat ini.

BacaMengapa Pemilihan Font yang Tepat Penting dalam Desain?

Fungsi Microsoft Word

Secara penerapannya, program ini memiliki banyak sekali fungsi. Oleh karena itu, sebelum membahas kelebihan dan kekurangan Ms Word, Anda juga perlu mengetahui fungsinya terlebih dahulu.

Fungsi Ms Word antara lain :

  • Untuk membuat laporan atau karya tulis ilmiah atau non ilmiah.
  • Untuk membuat dokumen administrasi seperti dalam kegiatan surat-menyurat, dsb.
  • Lebih cepat dan efisien dibandingkan harus menulis secara manual.
  • Dokumen yang ditulis menjadi lebih rapi dan dapat mengubah jenis tulisan sesuai keinginan.
  • Tidak terlalu membuang tenaga dan biaya yang dikeluarkan.
  • Dapat melakukan editing jika terjadi kesalahan penulisan secara mudah.
  • Digunakan untuk membuat desain gambar sederhana serta tipografi.
  • Tidak hanya digunakan untuk menulis tapi juga dapat mencetak dokumen melalui fitur printing yang tersedia dalam Ms Word.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Word bisa terlihat dari berbagai sisi.

Walaupun demikian, diantara kelebihan dan kekurangan Microsoft Word tersebut, masih banyak pengguna yang setia dengan Microsoft Word ini karena lebih banyak fungsi dan kelebihan Ms Word dibandingkan dengan kekurangannya.

Apa saja kelebihan dan kekurangan Ms Word? Kekurangan dan kelebihan Microsoft Word adalah sebagai berikut.

Kelebihan Microsoft Word

Banyak orang yang masih belum mengetahui kelebihan Ms Word ini dan hanya mengetahui kelebihan secara umumnya saja.

Untuk itu, agar Anda bisa lebih memaksimalkan penggunaan Ms Word, berikut adalah kelebihan Ms Word:

  1. Tampilan mudah dimengerti bahkan untuk pemula sekalipun.
  2. Terdapat fitur dasar yang berguna untuk menulis dan mengedit dokumen.
  3. Memiliki beberapa versi yang lebih upgrade daripada versi sebelumnya.
  4. Fitur versi terbarunya lebih memudahkan pengguna misalnya adanya fitur References yang berguna untuk membuat daftar pustaka atau daftar isi secara mudah. Fitur ini yang tidak ditemukan pada versi 2003.
  5. Ada fitur yang membantu Anda menyisipkan dan mengedit format gambar yaitu pada menu Insert dan Clipboard sehingga dokumen yang Anda buat tidak hanya berisikan tulisan.
  6. Adanya fitur Office Button yang ada di ujung paling kiri Ms Word. Fitur ini sangat berguna untuk menggantikan fitur penting yang ada di dalam menu supaya lebih mudah ditemukan seperti new document, save, save as, print, dsb.
  7. Pengaturan naskah dokumen dapat beragam mulai dari ukuran kertas, hingga pengaturan margin, dan tata letak.
  8. Kelebihan lainnya dari versi terbaru Ms Word yaitu kecepatan loadingnya lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya.
  9. Gaya tulisan yang ada pada versi barunya lebih banyak dan beragam. Anda dapat mengubanhnya di menu toolbar font pada layar Ms. Word.
  10. Adanya menu Smartart yang memudahkan untuk memilih template dokumen.
  11. Adanya fitur Quick Access Toolbar yang mempermudah untuk mendapatkan fitur tersebut dengan mengklik ikon yang dimaksud.
  12. Tampilan menu yang ada di toolbar sangat sederhana sehingga terkesan lebih simple digunakan dibandingkan pada versi lamanya.
  13. Adanya preview yang ada pada setiap ikon apabila Anda mendekatkan kursor pada ikon tersebut.
  14. Tidak hanya di Ms Excel, di Ms Word Anda juga dapat memasukkan rumus dengan menggunakan fitur Equation dan Symbol.
  15. Untuk komponen seperti .NET dan WEB dapat mendukung MS Word untuk bekerja lebih optimal.

Kekurangan Microsoft Word

Kepopuleran dari program ini tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan Ms Word. Kelebihan dan kekurangan Ms Word ini adalah perbandingan dari versi yang terbaru karena Microsoft Word seringkali mengalami pembaruan atau upgrade sehingga kekurangan dan kelebihan Microsoft Word bisa berubah-ubah.

Namun, semakin dilakukan pembaruan, inovasi yang dilakukan Microsoft Word semakin beragam sehingga fitur yang tersedia semakin lengkap. Akan tetapi, tetap saja selain ada kelebihan Microsoft Word juga memiliki kekurangan.

Berikut adalah kekurangan yang ada dalam program ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Semakin baru versinya, maka semakin berat dan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi yaitu processor sebesar 500 MHz, RAM 256 MB, VGA 64 MB, dan HDD 600 MB sehingga diperlukan spesifikasi yang mumpuni lagi.
  2. Pada versi terbarunya, terdapat perubahan tampilan sehingga pengguna versi lama akan sedikit kebingungan untuk memilih fitur karena letaknya sedikit berbeda dibandingkan dengan Ms Word 2003.
  3. Penyimpanan dokumen Ms Word terbaru berformat .docx. Jadi, jika dibuka di Ms Word lama seperti 2003, tidak akan bisa terbaca.
  4. Dapat menyebabkan laptop atau PC menjadi lemot karena spesifikasinya yang berat.
  5. Banyaknya versi yang baru, menjadikan user yang ingin mendowmloadnya sering menganti-ganti versi Ms Word.
  6. Pemasangan lisensi pada Ms Word membutuhkan waktu dan sulit bagi orang yang tidak terbiasa.
  7. Pada Ms Word 2019, hanya bisa digunakan di Windows 8 dan 10.
  8. Untuk menginstal Ms Word membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit karena ukurannya yang besar.
  9. Tab kontekstual dan style gallery yang ada terkesan sedikit mengganggu tampilan.
  10. Banyak fitur yang jarang digunakan karena pengguna kebanyakan hanya menggunakan program ini untuk kegiatan tulis-menulis atau surat-menyurat.

Baca : 10 Tips Membuat Banner Makanan


Itulah kekurangan dan kelebihan Microsoft Word. Sejatinya, kekurangan dan kelebihan Microsoft Word sangat berguna bagi para pengguna yang ingin membuat, mengedit, dan memformat dokumen sesuai dengan kebutuhan.

 

Demikian kelebihan dan kekurangan Microsoft Word yang wajib diketahui sehingga Anda lebih bisa memaksimalkan kelebihan Ms Word untuk kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat!

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *