Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


5+ Cara Membuat CV yang Menarik Bagi Perusahaan

3 min read

Cara Membuat CV yang Menarik
Cara Bikin CV yang Menarik | ©Unsplash.com

Untuk menarik HRD ketika melamar pekerjaan, cara membuat CV yang baik menjadi yang paling dasar dan utama. Dalam melamar pekerjaan, ada beratus-ratus bahkan beribu-ribu pesaing yang harus Anda hadapi dalam satu posisi.

HRD yang menyeleksi pelamar tersebut, tentu tidak punya banyak waktu dan paling tidak hanya 10 detik mereka akan membaca CV-mu.

Jika CV tersebut kurang menarik dan sulit dibaca, HRD bisa melewati lamaranmu walaupun kualifikasi Anda sudah sesuai dengan persyaratan perusahaan.

Lalu, bagaimana cara membuat CV yang menarik supaya bisa dilirik HRD. Rahasia cara membuat CV yang menarik akan kami bahas dalam artikel ini.

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang menginformasikan kualifikasi atau daftar riwayat hidup para pencari kerja. Cara membuat CV yang menarik sebenarnya sangat mudah.

Kata “menarik” disini bukan berarti harus membuat CV dengan desain yang rumit dan berwarna-warni. Akan tetapi, yang dimaksud menarik adalah CV yang sesuai dengan peruntukannya dan bisa dibaca dengan mudah oleh HRD.

Begini 5+ Cara Membuat CV yang Menarik di Mata Perusahaan

Ada 6 metode yang bisa Anda lakukan dalam cara membuat CV yang menarik, diantaranya yaitu:

1. Masukkan Isi CV yang Wajib Ada

Dalam membuat CV, hendaknya Anda memperhatikan isi terlebih dahulu karena isi ini yang memberikan informasi kepada HRD mengenai kualifikasi Anda. Dengan demikian, isi CV itu harus berkualitas. Bagian yang harus ada dalam CV adalah sebagai berikut:

  • Data Diri

Data diri ini adalah bagian penting dalam cara membuat CV yang baik. Informasi mengenai data diri ini berupa: nama lengkap, tempat tanggal lahir, tinggi badan, dan berat badan (jika dijadikan sebagai syarat).

  • Kontak

Anda juga harus mencantumkan kontak yang bisa dihubungi. Hal ini digunakan agar HRD bisa menghubungi Anda jika lulus tahapan selanjutnya. Untuk itu, pastikan nomer telepon dan alamat email Anda sudah benar.

  • Riwayat Pendidikan

Tambahkan riwayat pendidikan dalam CV Anda untuk menunjukkan kualitas Anda kepada HRD. Anda tidak perlu menuliskan pendidikan secara lengkap dari SD, tapi cukup pendidikan terakhir saja beserta IPK-nya.

Jika Anda pernah mengikuti kursus, maka tuliskan juga dengan disertai lampiran sertifikat kursus yang pernah Anda ikuti sebagai penunjang kualifikasimu.

  • Profil Singkat

Profil singkat tersebut berupa narasi pendek yang mencerminkan keunggulan Anda seperti bidang pendidikan Anda, skill, pengalaman, dll. Contohnya seperti berikut:

“Lulusan S1 Pendidikan Geografi. Memiliki pengalaman mengajar sebagai tutor geografi UTBK selama 5 tahun. Dengan keunggulan di bidang Analisis, Penelitian dan Interpretasi data, didukung dengan kemampuan dalam hal menulis dan microteaching berhasil menyelesaikan studi dengan IPK 3.9”.

  • Keahlian/Skill

Tuliskan keahlian Anda yang mendukung dalam pekerjaan sesuai dengan yang Anda lamar. Keahlian tersebut biasanya ditulis dengan memberikan rating aau diagram. Contohnya seperti gambar berikut:

Contoh Penggunaan Diagram dalam CV
Contoh Penggunaan Diagram dalam Pembuatan CV
  • Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja juga perlu dicantumkan karena perusahaan biasanya mencari orang yang sudah berpengalaman sehingga lebih mudah mempercayakan posisi/jabatan kepada orang tersebut.

Cara menulis CV dalam pengalaman kerja adalah dengan mencantumkan nama perusahaan, posisi, lama bekerja, beserta job description.

Namun, jika Anda adalah seorang freshgraduate, maka Anda bisa memasukkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah diikuti untuk meningkatkan penilaian HRD.

  • Prestasi

Jika Anda memiliki prestasi yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar, maka Anda juga bisa menambahkannya untuk menonjolkan keunggulanmu.

Baca jugaIngin Desain Rumah Gratis? Gunakan 10 Website Ini!

2. Tulis CV Secara Sistematis

Hal yang tak kalah penting dalam cara membuat CV yang baik yaitu dengan menuliskan isi CV di atas secara kronologis dan sistematis mulai dari data diri sebagai informasi umum hingga ke khusus.

Itulah cara buat CV menarik agar informasi mengenai riwayat hidup Anda dapat tergambar jelas, runtut, dan lengkap.

3. Tonjolkan Keunggulanmu

Cara buat CV menarik selanjutnya adalah menonjolkan keunggulan karena hal ini merupakan bagian yang krusial.

Untuk menunjukkan kualitas kemampuan kerja Anda, maka Anda perlu memperlihatkan keunggulan dalam CV yang dibuat. Keunggulan tersebut ada dalam isi cara membuat CV yang baik yaitu keahlian, pengalaman, dan prestasi kerja.

Tunjukkan keunggulan tersebut sesuai dengan pekerjaan yang ingin Anda lamar sehingga Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menarik perhatian HRD dan lolos dalam seleksi administrasi.

4. Gunakan Desain yang Menarik Tapi Tetap Terkesan Formal

Mengingat banyaknya pelamar yang mendaftar, maka cara buat CV menarik tidak hanya hanya baik dari segi isi, tetapi juga juga tampilan. Menarik bukan berarti mencolok.

Anda dapat menggunakan desain dengan memadukan warna yang baik dan tidak mencolok agar tulisan yang ada dalam CV tetap terbaca.

Selain itu, cara buat CV menarik juga harus memperhatikan ukuran font, style, dan warna tulisan. Pilihlah ukuran yang tidak terlalu kecil dan style yang mudah dibaca.

Jangan terlalu membuat desain yang rumit karena hal itu akan mengaburkan kesan formal dalam CV dan HRD akan sulit untuk membaca isinya.

Namun, jika Anda melamar pekerjaan yang berkaitan dengan desain, maka Anda dapat membuat CV lebih menarik lagi untuk menunjukkan skill Anda di bidang desain.

Bisa juga untuk memakai format CV yang bisa Anda dapatkan secara gratis maupun berbayar sehingga Anda tidak kesulitan untuk membuatnya dari awal. Akan tetapi, tetap pintar-pintarlah dalam memilih format CV tersebut.

5. Buat CV Kreatif

Cara menulis CV kadangkala harus semenarik mungkin khususnya untuk perusahaan tertentu seperti industri kreatif, hiburan, penjualan, atau yang bergerak di bidang desain.

Untuk melamar di perusahaan tersebut, Anda dapat mengeksplor ide kreatifitas untuk CV Anda, misalnya dalam bentuk video, atau CV dalam bentuk kemasan. Hal tersebut terkadang diminta oleh perusahaan sebagai syarat melamar pekerjaan.

Untuk itu, cara membuat CV yang menarik ini bisa kalian coba!

6. Gunakan Jasa Profesional

Jika Anda tidak punya waktu dan tidak ingin repot dalam cara menulis CV yang benar, maka Anda bisa menggunakan jasa profesional membuat CV.

Ada berbagai jasa membuat CV yang bisa Anda temukan melalui media sosial seperti instagram, facebook, maupun di browser internet.

Dengan demikian, Anda bisa berkonsultasi bagaimana cara menulis CV yang baik atau bisa juga langsung menyerahkan pembuatan CV tersebut kepada ahlinya.

BacaYuk Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual!

Penutup

Itulah cara membuat CV yang menarik yang bisa Anda praktekkan ketika melamar pekerjaan.

Namun, yang perlu digarisbwahahi adalah setiap perusahaan memiliki standar yang berbeda-beda dalam menentukan CV yang menarik, hal itu juga bergantung pada bidang pekerjaan.

Jadi, Anda harus menentukan secara bijak perlukah memberikan desain pada CV atau tidak. Misalnya, untuk melamar di instansi pemerintah lebih baik menggunakan CV yang rapi, polosan, dan sederhana. Semoga bermanfaat!

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *