Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


Inilah 5 Alasan Mengapa Desain Grafis Penting untuk Dipelajari

3 min read

Pentingnya Belajar Desain Grafis
Inilah Pentingnya Belajar Desain Grafis | ©Unsplash.com

Ilmu desain komunikasi visual belakangan ini semakin berkembang. Bukan hanya untuk urusan seni, namun juga beragam kepentingan lain seperti advertising, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Itulah mengapa desain grafis penting untuk dipelajari.

Ilmu desain grafis terus berkembang mengikuti banyaknya permintaan. Ilmu ini terbukti memiliki manfaat yang sangat luas. Tak jarang orang belajar desain grafis meski latar pendidikannya berbeda untuk menunjang pekerjaan utamanya.

Bicara soal pentingnya desain grafis tak terlepas dari perkembangan teknologi yang ada saat ini. Dewasa ini, hampir semua orang memegang gadged, dimana karya-karya desain grafis terpampang disana seperti web desain dan brosur produk.

5 Alasan Mengapa Desain Grafis itu Penting

Apakah Anda juga tertarik untuk belajar desain grafis? Bila masih ragu, silahkan simak lima alasan mengapa desain grafis penting untuk dipelajari.

1. Menuangkan Sebuah Ide

Ide atau gagasan tak cukup bila dituangkan dalam bentuk tulisan semata. Penuangan ide itu lebih baik lagi bila disertai dengan ilustrasi gambar.

Misalnya, Anda menemukan sebuah pengetahuan tentang cara baru stek batang untuk mempercepat proses pembuahan tanpa mengurangi kekuatan batang tanaman. Pengetahuan ini akan lebih mudah diserap oleh orang lain bila dijabarkan melalui media gambar atau ilustrasi gambar, bukan?

Dengan memberikan gambar yang mudah dan bagus, maka proses transfer ide atau ilmu pengetahuan semakin optimal.

Ilustrasi gambar sebenarnya juga sangat dibutuhkan di dunia pendidikan. Apalagi, sekarang ini pemerintah tengah menerapkan kurikulum 2013 berbasis pendidikan karakter sehingga ilmu desain grafis lebih dibutuhkan.

Mengapa desain grafis penting untuk kurikulum 2013? Ilmu desain grafis berperan untuk membuat ilustrasi gambar yang memuat sebuah ilmu untuk ditransfer kepada peserta didik. Contohnya, materi tentang budi pekerti bisa diberikan melalui cerita-cerita bergambar atau mengajari cara membaca dengan kartu gambar.

Soal pentingnya desain grafis dalam bentuk penuangan ide ini sangat luas, termasuk bidang advertising. Seorang desainer iklan membutuhkan pengalaman yang baik di bidang desain grafis untuk dapat membuat desain iklan yang bagus.

Itulah mengapa desain grafis penting dan terus dipelajari oleh banyak orang hingga detik ini.

Baca juga : Cara Memulai Usaha Desain Grafis

2. Meningkatkan Penjualan

Alasan kedua mengapa desain grafis penting adalah untuk tujuan bisnis, khususnya meningkatkan penjualan. Sebuah produk perlu untuk disebaluaskan melalui media cetak maupun sosial untuk dilirik oleh para pembeli.

Kedua media iklan tersebut sama-sama membutuhkan desainer grafis. Bahkan, hasil desain iklan produk dapat memengaruhi penjualan. Bila desain iklannya bagus, maka banyak orang yang tertarik untuk melihat sehingga meningkatkan probabilitas pembelian.

Pentingnya desain grafis dalam hal penjualan ini membuat Anda harus memikirkan dengan baik bagaimanakah gambaran MMT atau spanduk, brosur, leaflet, logo, bahkan nota penjualan.

Mungkin lebih baik bila seorang pengusaha memahami ilmu desain grafis sehingga tidak seenaknya membuat gambar brosur, spanduk, kwitansi, atau katalok. Mengapa desain grafis penting? Hal ini terkait bagaimana Anda menarik pelanggan melalui sebuah karya desain.

3. Meningkatkan Kualitas Diri

Mengingat betapa pentingnya desain grafis dewasa ini, maka bila Anda memiliki kemampuan ilmu desain grafis akan meningkatkan kualitas diri. Mungkin, beberapa perusahaan akan melirik calon karyawan yang punya skil di bidang desain sebagai tambahan dari skil utamanya.

Alasan mengapa desain grafis penting karena perusahaan mungkin suatu saat akan memerlukan keahlian desain Anda. Daripada mencari karyawan baru, perusahaan bisa memanfaatkan keahlian Anda dalam mendesain untuk beberapa pekerjaan yang tidak rutin.

Nah, alasan mengapa desain grafis penting ini sebaiknya diperhatikan oleh mahasiswa. Para mahasiswa yang punya ilmu desain grafis sebenarnya punya kelebihan skil dibanding yang lain.

4. Aktivitas Kampus

Pentingnya desain grafis bagi mahasiswa bukan hanya untuk meningkatkan kualitas diri yang berhubungan dengan mencari pekerjaan semata. Tapi, juga untuk beragam kegiatan kemahasiswaan yang ada di kampus.

Pentingnya desain grafis bagi mahasiswa terlihat ketika organisasi kampus hendak melakukan kegiatan-kegiatan dan butuh mempromosikan kegiatan tersebut.

Pada masa awal penerimaan mahasiswa baru, biasanya akan diadakan acara pengenalan organisasi yang ada di universitas tersebut.

Nah, disanalah brosur-brosur tentang organisasi itu bertebaran. Mereka berlomba membuat brosur yang menarik supaya para mahasiswa baru berminat untuk bergabung.

Hasil karya desain grafis juga sangat berperan ketika sebuah kampus melakukan open house. Para mahasiswa di setiap fakultas pasti membuat brosur yang menarik supaya banyak yang mendaftar sebagai calon mahasiswa di jurusan tersebut.

Nah, sudah paham pentingnya desain grafis bagi mahasiswa? Kalau begitu, Anda yakin untuk belajar desain sekarang?

5. Meningkatkan Aktualisasi

Orang yang memberikan banyak manfaat untuk lingkungan adalah orang terbaik. Karena desain grafis dibutuhkan pada semua lini, sejak dari kampus hingga masyarakat desa, maka memiliki ilmunya akan membuat Anda menjadi orang yang bermanfaat.

Mengapa desain grafis penting untuk masyarakat? Banyak acara masyarakat yang membutuhkan jasa seorang ahli desain. Misalnya saja sebuah karangtaruna desa ingin mengadakan turnamen bola voli. Mereka butuh orang yang bisa membuat desain spanduk, desain tiket, dan pamflet.

Bukan hanya karangtaruna, acara-acara lain seperti seminar PKK, kesehatan desa, pengajian, dan aktivitas sosial lainnya juga banyak yang membutuhkan jasa desainer. Itulah alasan mengapa desain grafis penting untuk acara di masyarakat.

Bila Anda ingin berkiprah di masyarakat, tentu saja mempelajari ilmu desain grafis bisa menjadi jalan untuk meningkatkan aktualisasi diri. Kalaupun tidak dibayar, maka diri Anda setidaknya menjadi manusia yang bermanfaat untuk masyarakat.

Baca juga : 6 Alasan Tepat Memilih Jurusan Desain Grafis


Itulah lima alasan mengapa desain grafis penting untuk dipelajari. Meskipun saat ini tidak sedang berkuliah di bidang desain grafis, Anda tetap bisa belajar ilmu tersebut melalui lembaga kursus.

Pentingnya desain grafis seharusnya menjadi dasar bagi Anda untuk mengambil peluang aktualisasi diri di kantor maupun masyarakat.

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *