Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


Mau Biaya Undangan Pernikahan Murah? Begini Caranya!

2 min read

Cara Menghemat Biaya Undangan Pernikahan
Cara Menghemat Biaya Undangan Pernikahan | ©Unsplash.com

Banyak orang ingin tahu cara menghemat undangan pernikahan untuk menekan biaya pernikahan. Apakah Anda juga ingin tahu cara hemat biaya undangan pernikahan? Jika “ya”, maka simak tips-tips mendapatkan undangan pernikahan murah berikut ini.

Banyak cara menghemat undangan pernikahan, namun kami akan memilih tujuh cara yang mudah untuk Anda.

Tips Menghemat Biaya Cetak Undangan Pernikahan

Buktikan cara-cara berikut ini.

1. Desain dan Cetak Sendiri

Bila Anda menguasai software adobe photoshop atau coreldraw, maka sebenarnya biaya undangan pernikahan bisa ditekan dengan mencetaknya sendiri. Tentu saja Anda harus membuat desainnya terlebih dahulu.

Setelah itu, bawa desain undangan pernikahan murah Anda ke tempat percetakan besar untuk dicetak sesuai jumlah yang dibutuhkan.

Tidak bisa coreldraw atau adobe photoshop? Tidak masalah. Anda bisa menggunakan aplikasi desain simpel yang ada di smartphone. Contoh aplikasi yang bisa dipakai adalah canva, wedding invitation card maker, video invitation maker, dan masih banyak lainnya.

Cara menggunakan aplikasi desain di smatphone cukup mudah. Namun, Anda tidak bisa leluasa mendesain layaknya di coreldraw karena keterbatasan tools. Meski demikian, bila ingin mendapatkan undangan pernikahan murah, maka aplikasi-aplikasi tersebut bisa jadi alternatif yang bagus.

Baca : Cara Cari Ide Membuat Logo

2. Buat Undangan Digital

Cara menghemat undangan pernikahan yang paling ampuh adalah dengan membuat undangan digital. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mencetaknya. Apalagi, sekarang ini hampir semua orang punya smartphone sehingga undangan Anda pasti sampai pada yang dituju.

Bila tidak bisa membuat undangan pernikahan murah digital sendiri, Anda bisa pesan desainnya kepada orang yang berpengalaman. Namun, bila ingin membuatnya sendiri juga bisa menggunakan aplikasi pembuat undangan seperti yang disebutkan pada tips pertama diatas.

3. Ukuran Minimalis

Tips undangan pernikahan murah yang ketiga adalah dengan memilih desain undangan yang tidak terlalu besar. Ukuran undangan sangat mempengaruhi harganya, semakin besar biasanya semakin mahal.

Nah, untuk hemat biaya undangan pernikahan, pilihlah undangan pernikahan murah yang ukurannya tidak terlalu besar. Bahkan, belakangan telah hadir undangan pernikahan berupa lembaran yang tidak dilipat untuk menghemat kertas cetak.

4. Bentuk Minimalis

Faktor lain yang membuat harga undangan pernikahan tinggi adalah bentuknya yang sulit dan unik. Misalnya, undangan yang dimasukkan ke dalam tabung bambu, bagian pinggirnya dibuat timbul menggunakan tinta emas, atau dimasukkan dalam amplop hard cover.

Cara menghemat undangan pernikahan adalah dengan membuat bentuk yang sederhana tanpa tambahan apapaun. Jadi, buatlah desain undangan pernikahan murah yang bagus sehingga tidak perlu ornamen-ornamen tambahan.

5. Pilih Bahan yang Murah

Ada beragam pilihan bahan kertas undangan, mulai yang paling murah hingga yang mahal. Tentu saja, Anda harus menggunakan kertas berbahan murah bila ingin hemat biaya undangan pernikahan.

Adapun jenis kertas yang biasanya dipakai untuk mencetak undangan pernikahan antara lain ivory, art paper 230 g atau 260 g, buffalo, CTS, kertas jasmine, dan karton hard cover. Dari semua pilihan kertas tersebut, yang paling murah dan berkualitas standart adalah buffalo halus.

Undangan dengan kertas buffalo halus sudah cukup bagus. Apalagi bila ditunjang dengan desain yang kekinian dan tidak pasaran. Jadi, meskipun dicetak di kertas yang biasa saja, tetap terlihat bagus alias tidak murahan.

Perlu diketahui bahwa kertas buffalo bersifat doff seperti HVS. Kalau Anda ingin mencetak undangan berfoto yang mengkilap bisa menggunakan jenis kertas art paper yang glosy. Dengan demikian, hasil cetakan fotonya jauh lebih bagus. Tentunya, biaya cetak di kertas art paper ini lebih mahal ketimbang buffalo.

Cara menghemat undangan pernikahan dengan bahan murah tapi hasilnya bagus bisa menggunakan pilihan kertas CTS 160g. Memang lebih tipis ketimbang art paper, namun hasil cetakannya tidak kalah bagus.

6. Cetak Sendiri dengan Printer

Bila semua tips di atas masih kurang bisa menghemat biaya undangan pernikahan Anda, maka cara selanjutnya adalah dengan membuat desain dan mencetaknya sendiri menggunakan printer. Adapun jenis kertas yang biasanya dipakai adalah buffalo dengan ukuran folio.

Anda bisa membeli kertas buffalo warna putih di toko-toko alat tulis. Biasanya sudah tersedia ukuran folio. Bisa juga membeli blanko undangan untuk ditambahi ketikan sendiri. Blanko-blanko kosong seperti itu tersedia di toko-toko grosir kertas.

Mencetak undangan sendiri dengan mesin printer memang jauh lebih hemat, tapi perlu keahlian dalam teknik cetaknya. Untuk lebih menghemat biaya, Anda bisa membuat desain undangan pernikahan murah dengan background warna putih. Jadi, tidak banyak tinta yang dikeluarkan.

7. Beli Blanko Undangan Siap Edar

Tips undangan pernikahan murah yang terakhir adalah dengan membeli blanko undangan siap edar. Blanko seperti ini banyak dijual di toko-toko alat tulis. Anda tinggal mengisi nama mempelai, hari, tanggal pernikahan dan alamat.

Di bagian depan blanko undangan diisi dengan nama dan alamat tamu yang diundang. Nah, tinggal memasukkan ke dalam plastik dan menyebarkannya.

Harga blanko undangan siap edar ini sedikit lebih murah daripada memesan undangan sendiri. Namun, desain undangannya mungkin banyak yang menyamai.

Baca : Cara Membuat Logo Keren


Nah, itulah tujuh tips mendapatkan undangan pernikahan murah yang dapat Anda lakukan.

Kelebihan dari biaya undangan tersebut dapat Anda pakai untuk keperluan lain yang lebih penting seperti menyewa mobil, tenda pernikahan, rias, atau menambah uang konsumsi.

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *