Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


Mengapa Pemilihan Font yang Tepat Penting dalam Desain?

2 min read

Mengapa pemilihan font yang tepat penting dalam desain? Artikel ini akan membahas jawaban atas pertanyaan “mengapa font penting” secara lengkap disertai dengan tips-tips memilih font supaya hasil desain Anda tidak dipandang lucu oleh orang lain.

Mengapa Font Penting dalam Desain?

Perlu diketahui bahwa setiap font memiliki makna atau membawa suasana yang berbeda. Ini adalah alasan pertama mengapa font penting dalam desain.

Pemilihan font yang tepat akan membuat orang yang melihat desain Anda paham akan tujuan desain tersebut.

Sebaliknya, apabila salah dalam pemilihan font, maka makna yang ditangkap oleh pembaca akan berbeda. Perhatikan tulisan berikut ini!

Pemilihan Font yang Tepat (1)

Pada font yang pertama, kalimat “aku menunggumu disini” menunjukkan hubungan dua orang yang memadu kasih. Sedangkan pada font kedua memiliki kesan horor, thriller, menakutkan.

Bayangkan saja bila kekasih Anda mengirim pesan dengan tipe font yang kedua. Kira-kira, apa yang Anda pikirkan?

Alasan kedua pemilihan font yang tepat harus dilakukan supaya orang dapat membaca sebuah tulisan dengan mudah. Hal ini tentang tujuan tulisan dalam memberikan informasi penting kepada masyarakat luas seperti artikel, buku, atau surat resmi.

Pemilihan Font yang Tepat (2)

Bandingkan tulisan di kolom kanan dan kiri! Manakah tulisan yang lebih enak untuk dibaca?

Ketiga, jenis font dipilih untuk menarik pandangan pertama orang-orang di keramaian. Tujuan dari pemilihan font ini agar orang yang lewat bisa membaca sebuah judul atau tulisan iklan pendek dengan cepat.

Pemilihan Font yang Tepat (3)

Jenis font yang pertama dirasa terlalu standart sehingga orang akan melewatkan tulisan itu begitu saja tanpa benar-benar membacanya. Namun, jenis font yang kedua membuat orang mudah membaca dan langsung paham makna tulisan tersebut.

Jadi, pemilihan font yang tepat sangat mempengaruhi dunia advertising. Bila tepat dalam memilih font, maka iklan akan diperhatikan oleh banyak orang. Sebaliknya, kesalahan dalam pemilihan font menyebabkan orang malas melirik produk yang diiklankan.

Pemilihan jenis font yang tepat juga dapat mewakili perasaan seseorang. Sebuah tulisan yang bertujuan untuk mengaduk-aduk perasaan biasanya ditulis dengan model tegak bersambung.

Pemilihan Font yang Tepat (4)

Jenis font pada paragraf atas lebih cocok untuk mengungkapkan perasaan seseorang dibanding font pada paragraf selanjutnya. Bukannya tertarik, font yang kedua ini justru akan membuat pembaca tertawa terpingkal-pingkal.

Pemilihan font yang tepat juga mewakili karakteristik sebuah produk. Ada produk-produk yang memerlukan font bernuansa ceria, resmi, menyeramkan, mendominasi, atau bersahabat.

Cara Memilih Font yang Tepat untuk Produk

Itulah alasan-alasan mengapa font penting untuk tulisan pada desain, baik majalah, iklan, pengumuman, atau beragam kepentingan lainnya.

Cara Pemilihan Font yang Tepat

Setelah mengetahui betapa pentingnya jenis font yang tepat untuk sebuah tulisan desain, sekarang mari kita pelajari cara memilih font yang tepat. Nah, berikut ini kami sajikan lima tips simpel yang bisa Anda gunakan.

1. Nuansa atau Perasaan yang ingin disampaikan

Tips pertama pemilihan font yang tepat adalah dengan menentukan perasaan seperti apa yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca? Ini penting supaya pembaca dapat memahami makna rasa di dalam tulisan desain yang Anda buat.

Selain perasaan, nuansa yang mungkin tercipta dari desain juga perlu untuk diperhatikan. Apakah ingin membuat pembaca terbawa nuansa sedih, ketakutan, atau ceria? Jenis font adalah salah satu hal yang menguatkan emosi pada desain.

Baca : Cara Menulis Arab di Laptop

2. Mudah dibaca

Font yang terlihat bagus belum tentu cocok. Untuk apa menarik bila ujung-ujungnya orang kesulitan untuk membacanya? Nah, dalam memilih font harus mempertimbangkan kemudahan membacanya, terlebih untuk judul tulisan.

Tidak semua font yang dipilih harus mudah dibaca. Hal ini tergantung pada tujuan dari tulisan tersebut, apakah ingin menyampaikan informasi penting atau justru mendapatkan nilai artistiknya.

Untuk beberapa tulisan logo, grafiti dan karikatur terkadang sengaja memilih font yang sulit dibaca namun punya sisi seni yang lebih tinggi.

3. Mencontoh desain serupa

Pemilihan font yang tepat juga bisa dilakukan dengan mencontoh desain serupa. Bagi desainer pemula mungkin kesulitan untuk memilih jenis font tertentu. Nah, kalau itu terjadi pada diri Anda, maka carilah desain dengan tema yang sama. Lihat font jenis apa yang digunakan.

Anda tidak harus memakai font yang sama, tapi minimal bisa menggunakan font dengan karakter yang sama. Misalnya font yang dipilih sama-sama mudah dibaca, tebal, dan tegas.

4. Sifat dari Tulisan

Untuk memudahkan pemilihan font yang tepat, Anda bisa melihat apakah desain yang sedang dikerjakan itu bersifat formal atau tidak. Untuk tulisan-tulisan yang bersifat formal, misalnya pamflet dari kedinasan sebaiknya jangan menggunakan font yang sifatnya lucu.

5. Perhatikan Letak

Tips terakhir dalam pemilihan font yang tepat adalah memperhatikan letak tulisan tersebut. Apakah itu merupakan tulisan judul, bagian artikel, bagian penting dari tulisan, atau kalimat yang pelu penekanan?

Pemilihan jenis font untuk judul tentu berbeda dengan badan artikel. Begitu pula dengan paragraf pertama yang menjadi kunci untuk memikat pembaca. Tips ini penting dipakai untuk membuat desain majalah atau buku.

Baca : Jenis Font dan Kegunaannya


Nah, demikian alasan mengapa font penting untuk sebuah desain karena akan mempengaruhi penyampaian informasi dari desain tersebut.

Jadi, pemilihat font yang tepat dengan mengikuti lima tips di atas sebaiknya dilakukan setiap Anda membuat karya desain.

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *