Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.


Inilah 7 Pentingnya Desain Kemasan Produk bagi Bisnis

2 min read

Pentingnya Desain Kemasan Produk bagi Bisnis
Mengapa Desain Packaging itu Penting bagi Bisnis | Src : Unsplash.com

Dalam menjual suatu produk, hal yang tidak boleh diabaikan adalah membuat desain packaging atau kemasan.

Hal ini karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual mereka akan lebih tertarik pada sesuatu yang indah dan menarik perhatian.

Untuk itu, hal yang membedakan perusahaan yang baik dengan yang buruk adalah terkait dengan fakta bagaimana menarik perhatian pelanggan dengan bantuan desain packaging.

Bagaimana pentingnya desain kemasan produk dan apa hal yang harus dilakukan untuk membuat desain kemasan produk yang menarik? Mari kita simak pada ulasan artikel ini!

Pelanggan tertarik kepada produk yang terlihat bagus. Sesuatu yang didesain dengan baik dan menarik tentu akan menarik banyak pelanggan yang potensial dibandingkan dengan produk yang yang didesain dengan jelek dan hambar.

Desain packaging bagian penting dalam memasarkan produk dan memastikannya terjual. Selain itu, pentingnya desain kemasan produk juga berguna dalam menghubungkan merek dengan hal tertentu baik itu warna dan font.

Dengan demikian, warna dan font yang ada dalam desain packaging akan membuat pelangan tertarik dan mengingat produk yang Anda jual.

7 Poin Pentingnya Desain Kemasan Produk

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat pentingnya desain kemasan produk bagi bisnis Anda.

1. Proteksi atau Perlindungan

Pentingnya desain kemasan produk secara fungsional yaitu untuk melindungi produk yang ada di dalamnya.

Jika produk dikemas dengan tidak baik, maka produk bisa menjadi rusak sehingga hal tersebut justru akan merugikan konsumen.

Dampak keberlajutan dari hal tersebut akan menurunkan penjualan produk Anda.

2. Sebagai Informasi

Pada desain packaging yang kita temukan, biasanya terdapat informasi penting mengenai deksripsi produk.

Oleh sebab itu, pentingnya desain kemasan produk ini berguna sebagai bentuk informatif kepada pelanggan yang membeli produk kita.

3. Ergonomi

Kemasan produk yang dibuat haruslah senyaman mungkin sesuai dengan faktor ergonomi, yaitu berkaitan dengan kebutuhan, kelemahan, dan keterampilan manusia.

Untuk itu, kemasan yang baik adalah kemasan yang nyaman dipakai dan memudahkan manusia untuk membawa produk Anda. Misalnya mudah dipegang, dsb.

4. Sebagai Identitas Merek

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, desain kemasan produk berguna untuk menghubungkan merek atau logo disertai warna dan font yang menjadi ciri khas kemasan.

Dengan demikian, kemasan produk tersebut dapat menjadi pembeda dengan produk yang satu dengan lainnya.

5. Proses Distribusi

Sebelum sampai ke tangan pelanggan, produk harus melewati distributor terlebih dahulu. Oleh sebab itu, produk tersebut harus dikemas dengan baik untuk melindunginya dari kerusakan hingga sampai ke tangan pelanggan.

6. Nilai Estetika

Nilai estetika dalam produk dapat menjadi daya tarik untuk membeli produk tersebut. Oleh sebab itu, membuat desain kemasan produk tidak boleh asal-asalan.

7. Komunikasi

Fungsi komunikasi adalah hal yang memiliki pengaruh besar untuk meningkatkan penjualan. Hal ini karena kemasan dapat memberikan kesan tersendiri kepada pelanggan sehingga pelanggan dapat melihat kualitas produk tersebut. Contohnya adalah kemasan yang eksklusif dan elegan.

BacaCara Memulai Belajar Desain Grafis dari Dasar Hingga Mahir

Desain Packaging: Bagaimana Memulainya?

Cara membuat desain yang baik adalah dengan membuat desain yang mencerminkan produk dan kreativitas serta kepriadian perusahaan.

Desain kemasan menarik itu tidak hanya dinilai dari segi estetikanya saja, melainkan juga dilihat dari bentuk kemasan, bahan yang digunakan, dan tentu saja tanpa melupakan fungsinya.

Sebagai contoh, dari sekian banyak hal yang harus diperhatikan dalam membuat kemasan, salah satu hal paling penting untuk diingat adalah untuk perlindungan. Tidak ada gunanya membuat kemasan yang menarik secara visual tapi tidak dapat melakukan sesuai fungsinya.

Untuk itu, perhatikanlah terlebih dahulu fungsi proteksinya dalam membuat kemasan.

Bagaimana Cara Membuat Desain Kemasan Sempurna?

Banyak penelitian yang telah dilakukan tentang pentingnya desain kemasan produk, dan kesederhanaan fungsi desain kemasan tersebut adalah untuk menjual. Namun, dari segi konsumen yang mereka inginkan adalah mendapatkan informasi dengan cara yang cepat dan sederhana.

Oleh sebab itu, meskipun dimulai dari menarik perhatian mereka dengan kemasan yang elegan dan menarik, label yang jelas tentang produk adalah yang paling penting.

Perusahaan ingin orang membeli produk mereka serta tidak ingin orang pergi dan membeli produk pesaing hanya karena informasi produk dapat diakses lebih cepat pada kemasan mereka.

Untuk itu, jangan sampai pelanggan direbut oleh pesaing Anda dan buatlah kemasan produk yang sempurna dengan menambahkan info yang informatif dalam kemasan produk Anda.

Apa yang Pelanggan Inginkan?

Selain kesederhanaan, pelanggan juga menginginkan kejujuran dan keaslian. Dengan kata lain, mereka ingin mengetahui secara pasti bahwa produk yang tertera di kemasan sama dengan produk yang ada di dalamnya.

Agar hal itu terjadi, maka perusahaan Anda harus selalu memastikan kemasan tersebut terlihat dapat dipercaya. Hal ini bisa dicapai dengan memastikan bahwa kemasan tersebut terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi.

Kemasan yang baik juga harus mencerminkan kepribadian perusahaan. Misalnya jika perusahaan itu berbasis hijau (go green) dan modern, maka kemasannya harus dapat didaur ulang dan inovatif.

Namun, tidak dapat disangkal bahwa logo memainkan peran penting dalam hal pemasaran. Akan tetapi, kekuatan kemasan yang menarik secara visual pada pelanggan tidak dapat dibandingkan dengannya.

Pelanggan ingin mengaitkan suatu produk dengan hal yang positif dan desain kemasan ini yang seringkali menjadi hal pertama yang muncul di benak mereka.

BacaUsaha Desain Grafis: Begini Cara Memulainya!


Demikian pentingnya desain kemasan produk yang juga harus diperhatikan untuk meningkatkan penjualan Anda. Semoga bermanfaat!

Abdurrahman Azzam Senior SEO Specialist di salah satu provider hosting terbesar di Indonesia. Passionate pada topik desain & teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *