Perbedaan Flyer dan Brosur: Disini Letak Bedanya!

Perbedaan Brosur dan Flyer
Perbedaan Brosur dan Flyer | Scr : Unsplash.com

Perbedaan Flyer dan Brosur yang Harus Anda Ketahui – Di samping kartu nama, Pamflet dan Brosur adalah dua karya cetak desain paling populer di luar sana.

Perbedaan antara Pamflet dan Brosur jelas bagi sebagian orang tetapi tidak begitu jelas bagi sebagian lainnya.

Sebenarnya tidak ada aturan formal yang menentukan perbedaan antara Pamflet dan Brosur, tetapi menurut pengalaman saya, perbedaan brosur dan pamflet itu sebagian ditentukan oleh karakteristik fisiknya dan sebagian lagi oleh tujuan yang dimaksudkan.

Apa itu Flyer?

Flyer adalah lembaran cetak tunggal yang tidak dilipat yang digunakan untuk menarik perhatian pada suatu acara, layanan, produk, atau ide. Flyer biasanya berisi pesan sangat sederhana yang dapat disampaikan dengan cepat.

Berapa Ukuran Flyer?

Flyer umumnya dicetak pada ukuran kertas 8,5″ x 11″ untuk menjaga biayanya tetap rendah, meskipun flyer dalam berbagai kondisi dapat juga dibuat dengan berbagai ukuran lain.

Selain itu, pencetakan flyer paling sering dilakukan hanya di satu sisi kertas, meskipun tidak ada aturan pasti yang mengatakan selebaran tidak dapat dicetak di kedua sisi.

Apa Nama Lain Flyer?

Tergantung pada bagaimana mereka digunakan, flyer kadang-kadang disebut sebagai handbill, leaflet, inserts, atau circular.

Dimana Flyer Dibagikan?

Mereka biasanya didistribusikan via tangan di mana pun pelanggan atau orang berkumpul atau lewat, seperti di pameran, di pinggir jalan, atau tempat-tempat ramai orang yang lainnya.

Juga, flyer dapat dilipat dan diberi tab sebagai bagian yang dapat dikirim sendiri (alias “pengirim”) atau dimasukkan ke dalam amplop. Flyer dapat dicetak dalam warna tinta apa pun, meskipun pencetakan full color adalah yang paling populer karena tujuan pamflet adalah untuk diperhatikan dan dibaca.

Kapan Flyer Dibagikan?

Flyer biasanya memiliki umur yang relatif pendek, seperti digunakan untuk mengumumkan suatu acara yang hanya sekali saja seperti grand opening atau promosi khusus. Jadi, kertas yang digunakan untuk pamflet tidak harus kertas yang berat dan mahal.

Namun, flyer dapat dicetak di atas kertas yang lebih tebal agar lebih tahan lama jika memuat informasi yang akan dirujuk berulang kali, seperti saat digunakan sebagai lembar spesifikasi produk atau instruksi melakukan sesuatu.

Baca juga8 Cara Meningkatkan Skill Desain di Tahun 2022

Apa itu Brosur?

Brosur dapat memiliki spesifikasi yang sering mirip dengan pamflet, tetapi brosur pada praktiknya hampir selalu memiliki cetakan di kedua sisinya.

Pada Brosur Terdapat Lipatan

Dan, tidak seperti pamflet yang biasanya dibiarkan rata, brosur berisi lipatan yang membuat beberapa panel atau halaman informasi.

Brosur juga dapat dibuat dari beberapa lembar yang diikat menjadi satu. Terkadang brosur yang lebih kecil dan lebih sederhana disebut sebagai pamflet.

Berapa Ukuran Brosur?

Jika flyer umumnya berukuran 8,5″ x 11″, brosur biasanya dicetak dalam berbagai ukuran, baik standar atau khusus. Perbedaan flyer dan brosur juga terletak pada jenis kertas yang digunakan. Brosur umumnya memiliki berat kertas yang lebih berat dibandingkan dengan flyer.

Hal ini dilakukan tidak hanya untuk meningkatkan persepsi kualitas tetapi juga karena brosur dirancang agar lebih tahan lama karena disimpan dan dijadikan rujukan. Juga, brosur kualitas apa pun dicetak berwarna dan dibuat berkilau dari lapisan UV atau Aqueous.

Perbedaan Pendistribusian Brosur dan Flyer

Brosur umumnya tidak didistribusikan sebebas flyer. Biasanya brosur didistribusikan oleh sales hanya setelah minat awal yang ditunjukkan oleh calon pelanggan/konsumen. Ini tentunya karena lebih banyak uang yang diinvestasikan dalam pembuatan brosur daripada flyer.

Mengapa Brosur Lebih ‘Mahal’?

Brosur harus berkualitas tinggi karena tugasnya adalah membantu memamerkan produk, menonjolkan layanan, atau mempromosikan perusahaan.

Saat membuat keputusan pembelian, konsumen Anda akan membandingkan kualitas literatur promosi Anda dengan pesaing Anda sehingga saran kami pencetakan brosur tidak boleh ‘yang penting murah’. Anda harus memperhatikan kualitas bahan dan kualitas tinta percetakan brosur.

Kesimpulan tentang Bedanya Brosur dan Flyer

Flyer dan Brosur memiliki karakteristik yang berbeda tetapi mirip, dan keduanya merupakan alat marketing yang cukup penting. Tentunya flyer dan brosur ini dapat digunakan oleh bisnis atau organisasi apa pun.

Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan tentang beda pamflet dan brosur, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah. Kami pasti akan menjawabnya selagi mampu.

Semoga bermanfaat dan tetap berjuang kuy!

Leave a Comment