Perbedaan Photoshop CC dan CS: Pilih yang Mana?

Perbedaan Photoshop CC dan CS
Perbedaan Photoshop CC dan CS | ©Adobe.com

Adobe Photoshop merupakan software pengolah gambar yang sangat populer di kalangan fotografer, desainer grafis, dan orang-orang yang bekerja di dunia periklanan.

Terdapat beberapa versi dari Adobe Photoshop, di antaranya adalah Photoshop CC (Creative Cloud) dan Photoshop CS (Creative Suite).

Meskipun keduanya merupakan versi dari Adobe Photoshop, terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya.

Perbedaan Photoshop CC dan CS yang Wajib Anda Tahu

Berikut ini 5 beda photoshop cc dengan cs yang seharusnya Anda ketahui.

1. Beda Model Berlangganan Lisensinya

Pertama, perbedaan utama antara Photoshop CC dan Photoshop CS adalah model lisensi yang digunakan.

Photoshop CC merupakan versi berlangganan dari Adobe Photoshop, dimana pengguna harus membayar sejumlah biaya bulanan atau tahunan untuk menggunakan software tersebut.

Sementara itu, Photoshop CS merupakan versi one-time purchase, dimana pengguna hanya perlu membayar sekali saat pertama kali membeli software tersebut.

2. Beda Fitur yang Disediakan

Kedua, perbedaan photoshop cs dan cc lainnya adalah fitur-fitur yang disediakan oleh kedua versi tersebut. Photoshop CC memiliki fitur-fitur terbaru yang tidak tersedia pada Photoshop CS.

Beberapa fitur terbaru yang hanya tersedia pada Photoshop CC di antaranya adalah Select Subject, Enhancements for Select and Mask, 3D Printing, Enhanced Properties Panel, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Photoshop CS tidak memiliki fitur-fitur terbaru tersebut dan hanya memiliki fitur-fitur yang sudah ada sejak versi sebelumnya.

BacaBeda Adobe Photoshop Portable dengan Versi Biasa

3. Beda Update yang Tersedia

Ketiga, perbedaan adobe photoshop cc dengan cs lainnya adalah update yang tersedia untuk kedua versi tersebut.

Photoshop CC secara otomatis akan mendapatkan update terbaru dari Adobe setiap kali terdapat pembaruan, sehingga pengguna dapat selalu menikmati fitur-fitur terbaru yang disediakan oleh Adobe.

Sementara itu, Photoshop CS tidak akan mendapatkan update terbaru lagi setelah versi terbaru diluncurkan. Pengguna harus membeli versi terbaru dari Photoshop CS jika ingin menikmati fitur-fitur terbaru yang disediakan oleh Adobe.

4. Perbedaan Sistem Operasi yang Didukung

Perbedaan adobe photoshop cc dengan cs keempat adalah sistem operasi yang didukung oleh kedua versi tersebut. Photoshop CC dapat diinstall pada sistem operasi Windows dan MacOS, sementara Photoshop CS hanya dapat diinstall pada sistem operasi Windows.

Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi pengguna yang menggunakan sistem operasi MacOS dan ingin menggunakan Adobe Photoshop.

Baca : Cara Meningkatkan Skill Desain di Tahun 2023

5. Perbedaan Harga

Kelima, beda photoshop cc dengan cs terakhir adalah harga yang ditetapkan untuk kedua produk tersebut.

Harga Adobe Photoshop CC dan Photoshop CS tergantung pada jenis lisensi yang dipilih oleh pengguna.

Untuk Photoshop CC, terdapat beberapa pilihan lisensi yang ditawarkan oleh Adobe, di antaranya adalah:

  1. Lisensi bulanan: Harga lisensi bulanan Photoshop CC bervariasi tergantung pada jumlah fitur yang ingin diakses oleh pengguna. Harga untuk lisensi bulanan Photoshop CC berkisar antara US$9,99 hingga US$52,99 per bulan.
  2. Lisensi tahunan: Harga lisensi tahunan Photoshop CC juga bervariasi tergantung pada jumlah fitur yang ingin diakses oleh pengguna. Harga untuk lisensi tahunan Photoshop CC berkisar antara US$20,99 hingga US$239,88 per tahun.

Sementara itu, harga untuk Photoshop CS tergantung pada versi yang dipilih oleh pengguna. Berikut adalah harga untuk beberapa versi Photoshop CS yang tersedia:

  1. Photoshop CS6: Harga untuk Photoshop CS6 berkisar antara US$699 hingga US$999 tergantung pada jenis lisensi yang dipilih.
  2. Photoshop CS5: Harga untuk Photoshop CS5 berkisar antara US$699 hingga US$999 tergantung pada jenis lisensi yang dipilih.
  3. Photoshop CS4: Harga untuk Photoshop CS4 berkisar antara US$649 hingga US$999 tergantung pada jenis lisensi yang dipilih.

Perlu diingat bahwa harga di atas merupakan harga approximatif dan dapat berubah sesuai dengan kebijakan Adobe.

Pengguna disarankan untuk memeriksa harga terbaru di situs resmi Adobe atau di toko online yang menjual software Adobe Photoshop.

Nah, untuk Anda yang lebih menyukai penjelasan berupa visual, silakan tonton eksplanasi perbedaan Photoshop CC dan CS dari Mas Rizki Picture di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membahas perbedaan antara Adobe Photoshop CC dan Photoshop CS, dapat disimpulkan bahwa kedua versi tersebut memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan.

Perbedaan utama antara kedua versi tersebut adalah model lisensi yang digunakan. Photoshop CC merupakan versi berlangganan dari Adobe Photoshop, sementara Photoshop CS merupakan versi one-time purchase. Selain itu, Photoshop CC memiliki fitur-fitur terbaru yang tidak tersedia pada Photoshop CS, serta secara otomatis akan mendapatkan update terbaru dari Adobe. Sementara itu, Photoshop CS tidak akan mendapatkan update terbaru lagi setelah versi terbaru diluncurkan.

Perbedaan photoshop cc dan cs lainnya adalah sistem operasi yang didukung oleh kedua versi tersebut. Photoshop CC dapat diinstall pada sistem operasi Windows dan MacOS, sementara Photoshop CS hanya dapat diinstall pada sistem operasi Windows. Dan terakhir, harga untuk Photoshop CC dan Photoshop CS juga berbeda, dimana Photoshop CC memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan Photoshop CS.

Dengan demikian, Anda dapat memilih versi Adobe Photoshop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Jika Anda ingin selalu mengakses fitur-fitur terbaru yang disediakan oleh Adobe, maka Photoshop CC merupakan pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda tidak membutuhkan fitur-fitur terbaru dan hanya ingin menggunakan fitur-fitur yang sudah ada sejak versi sebelumnya, maka Photoshop CS bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.

Semoga bermanfaat!

Leave a Comment