Perbedaan Photoshop dan Corel Draw: Mana yang Lebih Baik?

CorelDraw vs Photoshop
CorelDraw vs Photoshop: Pilih yang Mana? | ©Coreldraw.com

Perbedaan Photoshop dan Corel DrawPhotoshop dan CorelDRAW adalah dua program yang sering digunakan dalam dunia desain grafis.

Namun, meskipun keduanya memiliki fungsi yang secara umum sama, terdapat beberapa perbedaan yang penting antara kedua program tersebut.

Dalam artikel Desaintemplate kali ini, kita akan membahas lebih detail perbedaan utama antara Photoshop dan CorelDRAW, serta mengidentifikasi mana yang lebih cocok untuk kebutuhan desain grafis Anda.

Sebelum membahas lebih dalam, apa sih sebenarnya Photoshop dan Corel Draw itu?

Apa itu Photoshop?

Adobe Photoshop adalah program pengeditan gambar yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Program ini dikembangkan oleh Adobe Systems dan pertama kali dirilis pada tahun 1990.

Photoshop memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk mengedit dan memanipulasi gambar digital, seperti menyesuaikan warna, retouching, dan menambahkan efek khusus.

Program ini juga dapat membaca dan menyimpan berbagai tipe gambar, termasuk gambar bitmap dan vektor.

Photoshop sangat populer di kalangan profesional desain grafis, fotografer, dan pembuat film, serta di kalangan pengguna umum yang ingin mengedit foto mereka.

Namun, Photoshop juga dapat menjadi program yang sulit untuk dipelajari bagi pemula karena memiliki banyak fitur yang cukup kompleks.

BacaPerbedaan Photoshop Portable dengan Versi Biasa

Apa itu CorelDraw?

CorelDRAW adalah program desain grafis yang dikembangkan oleh Corel Corporation.

Program ini difokuskan pada desain grafis vektor, yang berarti bahwa gambar yang dibuat dengan CorelDRAW terdiri dari garis-garis dan bentuk-bentuk geometris yang dapat diubah ukurannya tanpa mengurangi kualitas gambar.

CorelDRAW memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk membuat logo, ikon, ilustrasi, dan dokumen cetak lainnya, seperti brosur, poster, dan kartu nama.

Program ini juga memiliki alat yang berguna untuk mengatur layout dokumen, seperti alat pembuat tabel dan alat pembuat grid.

CorelDRAW biasanya lebih mudah dipelajari daripada program seperti Adobe Photoshop, karena lebih fokus pada desain grafis vektor dan memiliki antarmuka pengguna yang intuitif.

Namun, program ini hanya dapat menangani gambar vektor, jadi tidak cocok untuk pengeditan gambar bitmap.

Nah, seeprti yang sudah kami bahas di atas, Adobe Photoshop dan CorelDRAW adalah dua program yang sering digunakan untuk mengedit dan membuat gambar digital.

Namun, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara Photoshop dan CorelDRAW.

Perbedaan Photoshop dan Corel Draw yang Paling Utama

Ini dia perbedaan fitur photoshop dengan coreldraw yang harus Anda ketahui.

1. Fokus penggunaan

Photoshop lebih difokuskan pada pengeditan gambar, seperti penyesuaian warna, retouching, dan manipulasi gambar.

Sedangkan CorelDRAW lebih difokuskan pada desain grafis vektor, seperti membuat logo, ikon, dan ilustrasi.

2. Tipe gambar yang didukung

Photoshop dapat menangani berbagai tipe gambar, termasuk gambar bitmap dan vektor. Sedangkan CorelDRAW hanya dapat menangani gambar vektor.

3. Kemampuan pengeditan

Perbedaan Photoshop dan Corel Draw
Perbedaan Photoshop dan Corel Draw: Fitur

Perbedaan fitur Photoshop dengan CorelDraw berhubungan dengan fokusan kemampuan pengeditannya.

Photoshop memiliki banyak alat pengeditan bitmap yang lebih lengkap daripada CorelDRAW, seperti alat pemotongan yang lebih baik dan kemampuan untuk menambahkan efek khusus seperti blur atau lens flare.

Namun, CorelDRAW memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal desain teks, vektor, dan mengatur layout dokumen.

Agar lebih memahami fitur-fitur dasar di Adobe Photoshop, silakan simak penjelasan dari Bang Tutorial di bawah ini.

Sedangakn untuk Corel, silakan simak video dari Edukasi Grafis ini.

4. Harga

Perbedaan corel dan photoshop selanjutnya adalah di harganya. Harga Adobe Photoshop dan CorelDRAW tergantung pada versi yang Anda beli dan cara Anda membelinya.

Harga Adobe Photoshop

Adobe Photoshop tersedia dalam beberapa paket harga yang berbeda, termasuk versi berlangganan bulanan atau tahunan yang disebut Adobe Creative Cloud (CC), serta versi one-time purchase yang dapat Anda gunakan selamanya.

Harga untuk Adobe Creative Cloud biasanya dimulai dari sekitar US$ 20 per bulan untuk satu aplikasi, atau sekitar US$ 52 per bulan untuk semua aplikasi Creative Cloud.

Sedangkan harga untuk versi one-time purchase biasanya dimulai dari sekitar US$ 10 per bulan untuk satu aplikasi, atau sekitar US$ 240 untuk semua aplikasi Creative Cloud.

Baca : Beda Adobe Photoshop CC dengan CS

Harga CorelDraw

CorelDRAW tersedia dalam beberapa paket harga yang berbeda, termasuk versi berlangganan bulanan atau tahunan yang disebut CorelDRAW Premium Membership, serta versi one-time purchase yang dapat Anda gunakan selamanya.

Harga untuk CorelDRAW Premium Membership biasanya dimulai dari sekitar US$ 7 per bulan untuk satu aplikasi, atau sekitar US$ 20 per bulan untuk semua aplikasi CorelDRAW.

Sedangkan harga untuk versi one-time purchase biasanya dimulai dari sekitar US$ 600 untuk satu aplikasi, atau sekitar US$ 700 untuk semua aplikasi CorelDRAW.

Jadi, dari sisi harga, Adobe Photoshop mungkin lebih mahal daripada CorelDRAW, terutama jika Anda memilih versi berlangganan.

Namun, tergantung pada kebutuhan Anda, salah satu program mungkin lebih cocok daripada yang lain, jadi sebaiknya pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli salah satu dari kedua program tersebut.

5. Kemudahan penggunaan

Keduanya memiliki antarmuka pengguna yang intuitif, namun banyak orang mengatakan bahwa CorelDRAW lebih mudah digunakan daripada Photoshop.

Baca : Kelebihan Adobe Photoshop

Kesimpulan

Jadi, untuk CorelDraw vs Photoshop, mana yang terbaik? Pilihan terbaik antara Photoshop dan CorelDRAW tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan dengan program tersebut.

Jika Anda ingin mengedit gambar atau foto dengan lebih detail, maka Photoshop mungkin lebih cocok untuk Anda.

Namun, jika Anda lebih tertarik dengan desain grafis vektor, maka CorelDRAW mungkin lebih sesuai untuk kebutuhan Anda.

Semoga artikel tentang perbedaan Photoshop dan Corel Draw kami ini bermanfaat!

Leave a Comment