Perbedaan Photoshop Portable dengan Versi Biasa

Perbedaan Photoshop Portable dengan Versi Biasa
Perbedaan Photoshop Portable dengan Biasa | ©Unsplash.com

Adobe Photoshop merupakan salah satu software pengolah gambar yang paling populer dan banyak digunakan oleh para profesional maupun amatir.

Adobe Photoshop hadir dalam beberapa versi, salah satunya adalah Adobe Photoshop Portable. Apa perbedaan antara Adobe Photoshop Portable dengan versi biasa?

Perbedaan Photoshop Portable dengan Biasa

Berikut ini beda Adobe Photoshop biasa dengan versi portablenya.

1. Letak Penyimpanannya

Perbedaan photoshop portable dengan versi biasa yang pertama, Adobe Photoshop Portable hanya bisa dijalankan dari flashdisk atau media penyimpanan portabel lainnya, sedangkan versi biasa harus diinstall terlebih dahulu ke komputer.

Hal ini membuat Adobe Photoshop Portable lebih mudah untuk dibawa kemana-mana dan dapat digunakan di komputer manapun, tanpa perlu repot menginstall ulang.

2. Tidak Perlu Diinstall

Kedua, Adobe Photoshop Portable tidak membutuhkan proses instalasi seperti versi biasa, sehingga tidak akan mengganggu konfigurasi atau settingan di komputer yang digunakan.

Hal ini tentu akan sangat memudahkan bagi Anda yang sering bekerja di komputer orang lain atau di tempat kerja yang memiliki aturan ketat terkait instalasi software.

Baca : Aplikasi Desain Rumah di PC

3. Ukuran yang Jauh Lebih Kecil

Perbedaan photoshop portable ketiga, Adobe Photoshop Portable memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan versi biasa.

Hal ini karena Adobe Photoshop Portable hanya menyertakan fitur-fitur yang esensial, sementara fitur tambahan atau plugin dapat diinstall sesuai kebutuhan.

Dengan ukuran yang lebih kecil, Adobe Photoshop Portable lebih cepat dijalankan dan tidak memakan ruang penyimpanan yang banyak.

4. Tidak Bisa Update Otomatis

Keempat, Adobe Photoshop Portable tidak dapat diupdate secara otomatis seperti versi biasa.

Anda harus mengunduh versi terbaru dari situs resmi Adobe dan menggantinya secara manual jika ingin menggunakan fitur terbaru atau memperbaiki bug.

Baca : Kelebihan dan Kekurangan Adobe Photoshop

Simak versi video dari penjelasan perbedaan photoshop portable dengan versi full dari Mas Bayu Desmon di bawah ini.

Meskipun Adobe Photoshop Portable memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan versi biasa, terdapat juga beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Kekurangan Photoshop Portable yang Perlu Anda Perhatikan

Berikut ini adalah beberapa kekurangan Adobe Photoshop Portable:

1. Tidak dapat diupdate secara otomatis

Adobe Photoshop Portable tidak memiliki fitur update otomatis seperti versi biasa, sehingga Anda harus mengunduh versi terbaru secara manual dan menggantikannya secara manual jika ingin menggunakan fitur terbaru atau memperbaiki bug.

2. Tidak dapat diinstall di komputer

Adobe Photoshop Portable hanya dapat dijalankan dari flashdisk atau media penyimpanan portabel lainnya, sehingga tidak bisa diinstall di komputer dan tidak dapat menggunakan fitur instalasi seperti pemilihan folder instalasi atau pemilihan komponen yang akan diinstall.

3. Fitur yang terbatas

Adobe Photoshop Portable hanya menyertakan fitur-fitur yang esensial, sementara fitur tambahan atau plugin dapat diinstall sesuai kebutuhan.

Hal ini bisa menjadi kekurangan bagi Anda yang membutuhkan fitur-fitur tambahan untuk keperluan kerja atau hobi.

4. Tidak bisa digunakan di semua komputer

Adobe Photoshop Portable hanya dapat dijalankan di komputer yang memenuhi spesifikasi minimum yang ditentukan oleh Adobe.

Jika spesifikasi komputer Anda tidak memenuhi syarat, maka Adobe Photoshop Portable mungkin tidak akan dapat dijalankan dengan lancar.

5. Tidak bisa diuninstall

Karena tidak diinstall di komputer, Adobe Photoshop Portable tidak bisa diuninstall seperti versi biasa.

Anda hanya dapat menghapus file Adobe Photoshop Portable dari flashdisk atau media penyimpanan portabel yang digunakan.

6. Rawan Dihinggapi Malware

Anda harus berhati-hati saat mendownload versi portable dari Photoshop. Menurut pengamatan kami, di internet banyak sekali website yang menyediakan link download Photoshop portable, namun terdapat malware didalamnya.

Maka, selalu berhati-hati dan waspadalah saat akan mendownload program ini.

Baca : Ingin Memulai Belajar Desain Grafis dari Dasar? Baca Ini!

Meskipun memiliki beberapa perbedaan dan kekurangan, Adobe Photoshop Portable tetap merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkan kemudahan dan fleksibilitas dalam menggunakan software pengolah gambar ini.

Namun, jika Anda memiliki komputer yang cukup kuat dan tidak terlalu sering bekerja di komputer orang lain, maka versi biasa Adobe Photoshop menurut kami lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Comment