Perbedaan Poster dan Brosur: Anda Wajib Tahu!

Perbedaan Brosur dan Poster
Perbedaan Poster dan Brosur | Src : Unsplash.com

Perbedaan Brosur dan Poster – Poster dan brosur merupakan dua alat marketing yang sampai saat ini masih banyak orang gunakan di dalam bisnis.

Jika beberapa waktu lalu kami telah membahas beda flyer dengan brosur, kali ini kami akan menuliskan secara singkat dan jelas perbedaan brosur dan poster.

Keduanya adalah sesuatu yang seringkali dianggap sama, padahal berbeda. Tentunya, kita semua sangat sering menemui baik itu poster maupun brosur dalam kehidupan sehari-hari. Baik di jalan, di mall, ataupun di tempat keramaian yang lain.

Langsung saja ya, yang pertama kami akan bahas poster terlebih dahulu.

Apa itu Poster?

Definisi Poster

Apa itu poster? Setidaknya ada 8 pengertian poster yang bisa Anda jadikan pedoman. Apa saja?

Poster adalah kartu atau lembaran kertas yang dicetak relatif besar, diilustrasikan, dan dipasang untuk mengiklankan atau mempublikasikan sesuatu.


Poster merupakan Setiap karya seni komersial yang relatif besar, seperti untuk dekorasi.


Pengertian poster adalah sebuah cetakan besar, berupa iklan atau hiasan yang dapat dipajang atau digantung di dinding.


Sebuah plakat besar, biasanya dicetak, tagihan, atau pengumuman, sering diilustrasikan, yang dipasang untuk mengiklankan atau mempublikasikan sesuatu.


Iklan yang dipasang di tiang, dinding, dll. untuk mengiklankan sesuatu.


Sebuah karya seni, seringkali merupakan karya desain, lukisan atau foto asli, dicetak pada selembar kertas besar.


Poster juga bisa diartikan seseorang yang memposting pesan.

Jika diambil kesimpulan, inti dari poster adalah :

  • Hasil karya desain yang dicetak
  • Berukuran relatif besar
  • Berfungsi untuk mempublikasikan sesuatu.

Apa Tujuan Pembuatan Poster?

Pembuatan poster bertujuan untuk mempublikasikan sesuatu kepada orang lain. Informasi yang disampaikan tersebut bisa sangat bermacam-macam. Bebas. Tentunya disesuaikan dengan informasi apa saja yang ingin disampaikan kepada publik.

Persamaan brosur dan poster bisa dikatakan terletak pada tujuannya ini.

Berapa Ukuran Poster?

Tidak ada ukuran khusus untuk poster.

Yang jelas, satu dari perbedaan poster dan brosur yang paling mencolok adalah terletak pada ukurannya ini. Poster berukuran relatif lebih besar daripada brosur.

Poster dibuat agar bisa dilihat oleh orang lain dari jarak yang jauh. Oleh karena itu percetakan poster hampir selalu berukuran besar.

Apa Contoh Poster?

Nah, sebagai contoh adalah poster pemutaran film Ayat-Ayat Cinta 2 di bawah ini.

Contoh Poster Pemutaran Film Ayat-ayat Cinta 2
Contoh Poster Pemutaran Film Ayat-ayat Cinta 2 | Src : Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Seperti yang Anda lihat, pada poster tersebut terdapat informasi tentang acara pemutaran film Ayat-Ayat Cinta 2. Anda bisa temukan tanggal pemutarannya, tempatnya, dan segala informasi tentang acara atau kegiatan tersebut.

Apa itu Brosur?

Definisi Brosur

Brosur adalah salah satu alat pemasaran yang dirancang untuk memberi tahu pembaca tentang produk, layanan, mempromosikan event-event lokal, dan bahkan hingga kampanye politik.

Peruntukan tersebut menunjukkan bahwa brosur adalah salah satu produk pemasaran cetak yang populer dan berguna.

Brosur umumnya memiliki lebih dari satu halaman. Berapa banyak halaman yang ada di brosur tergantung pada jumlah informasi yang ingin Anda sertakan.

Dengan call-to-action yang kuat dan desain yang baik serta menarik, brosur dapat berpotensi meningkatkan penjualan untuk usaha komersial dan non-komersial Anda.

Ukuran Brosur

Ukuran brosur relatif kecil dibandingkan dengan poster. Namun, tidak ada aturan terikat mengenai berapa ukuran brosur standar.

Yang jelas, karena brosur itu dibawa kemana-mana, Anda perlu memastikan bahwa calon customer tidak kesulitan untuk menyimpan brosur yang Anda berikan. Entah karena ukuran kertasnya, maupun jumlah halamannya.

Oleh karena itu, saran kami gunakan brosur maksimal berukuran kertas A4, Legal, atau lebih kecil.

Apakah tidak boleh lebih besar dari itu?

Tentu saja boleh. Tapi, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang kami sampaikan di atas (terkait penyimpanannya).

Penggunaan Umum Brosur

Pada praktiknya, brosur sering kali digunakan untuk memperkenalkan produk sekaligus memberikan rincian deskripsi, spesifikasi, hingga harga produk.

Brosur diberikan kepada calon customer yang terlihat ada ketertarikan dengan produk/jasa yang kita punya.

Kesimpulan

Baik brosur maupun poster, persamaannya, keduanya merupakan tools pemasaran cukup efektif yang hingga kini masih banyak digunakan.

Kuncinya adalah di desain-nya, khususnya pada keunikan & kreativitas.

Sering kami temukan poster atau brosur yang mengundang orang penasaran, hingga ujung-ujungnya mereka tertarik untuk menanyakan tentang konten poster/brosur yang dibagikan.

Jika produk/jasa yang Anda masukkan di brosur & poster menarik, jangan heran bila orang berawal dari melihat brosur, kemudian berakhir pada pembelian.

Mana yang lebih efektif antara brosur dan poster?

Tentu tidak ada jawaban pastinya.

Keduanya bisa digunakan sebagai alat untuk mengenalkan bisnis, produk, brand, acara, atau apapun yang Anda ingin sampaikan kepada orang lain. Maka, silakan manfaatkan keduanya.

Akhir kata, jika ada yang kurang jelas di pembahasan perbedaan poster dan brosur ini, silakan sampaikan di kolom komentar ya.

Semoga bermanfaat.

Stay healthy!

Leave a Comment